EkonomiNewsNusantaraSulsel

Adnan Sebut Lewat APKASI Otonomi Expo 2022 Bangkitkan Perekonomian Daerah

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pelaksanaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2022 yang diikuti sebanyak 247 Kabupaten dari seluruh Indonesia sebagai upaya dalam mendorong geliat ekonomi menuju peningkatan perekonomian daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Gowa selaku Sekretaris Jenderal APKASI, Adnan Purichta Ichsan pada Pembukaan APKASI Otonomi Expo 2022 bertajuk “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global” yang berlangsung di Hall A dan B Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (20/7).

“APKASI Otonomi Expo 2022 tiada lain untuk kembali membangkitkan ekonomi yang terpuruk akibat krisis pandemi Covid-19. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah daerah yang ikut. Serta pada expo tahun ini atau sebanyak 247 Kabupaten dari 416 daerah seluruh Indonesia,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Baca juga: Miniatur Balla Lompoa Hadir di APKASI Otonomi Expo 2022

Adnan juga menambahkan bahwa pada APKASI Otonomi Expo ini Gowa juga ikut serta memberikan kontribusi dengan terlibat. Sebagai peserta pada event tahunan yang laksanakan oleh APKASI.

“Kabupaten Gowa selalu berkontribusi dan berharap menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk bisa terus mengembangkan produk lokal daerah masing-masing sebagai upaya untuk membangkitkan kembali perekonomian,” tambah orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian saat membuka expo. Tandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita mengatakan bahwa APKASI Otonomi Expo ini memiliki peran penting dalam mempromosikan produk-produk daerah.

Baca juga: Realisasi APBD 2021 Lambat, Sekjen APKASI: Salah Satu Penyebab Lambatnya Juknis dan Juklak

“Promosi ini terdiri dari berbagai produk bidang pertanian, teknologi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pariwisata dan investasi. Kami berharap agar expo ini bisa membantu daerah-daerah. Khususnya kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia untuk meningkatkan komoditas utamanya,” harap Mendagri.

Pembukaan expo ini turut hadir Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, Ketua APKASI juga Bupati Dharmasraya.

Turut hadiri Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekjen APKASI yang juga Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Bendahara Umum APKASI. Serta Bupati Serang, Hj Ratu Tatu Chasanah, para Duta Besar Negara Sahabat serta para pengurus APKASI.

Rangkaian APKASI Otonomi Expo 2022 ini juga diisi dengan Executive Dialogue, Pertunjukan Seni dan Budaya.  Juga Talkshow Peningkatan Pemberdayaan UMKM, Workshop Indeks Daya Saing Derah Berkelanjutan, Business Matching dan Fashion Show Wastra Nusantara. (DW/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button