NewsNusantaraPariwisataSulsel

Ketua Diah Perkenalkan Tenun Ikat Motif Kelor Khas Kota Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP yang juga selaku Ketua Dekranasda Kota Palu perkenalkan tenun ikat motif Kelor khas Kota Palu.

Produk tenun asli Kota Palu tersebut, dia perkenalkan saat menghadiri Kurasi dan On Boarding UMKM Provinsi Sulawesi Tengah 2022, Selasa (19/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Santika Palu, juga hadir Wakil Ketua Harian 2 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Nanik Hadi Tjahyanto.

Baca Juga: Ketua Diah Saksikan Penampilan PSP Kota Palu di Pesparawi XIII

Ketua Diah Puspita dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia. Yang telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini, dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya bagi IKM dan UKM. Serta pelaku ekonomi kreatif di Kota Palu.

Dalam kesempatan tersebut juga, Ketua Diah mengenalkan Tenun Ikat motif Kelor asli Kota Palu.

Baca Juga: Ketua Diah Beberkan Konsep Hexa Helix Program TP-PKK Kota Palu pada Talk Show Apeksi

Diah menjelaskan pengembangan desain motif ini, menggunakan tumbuhan Kelor sebagai variabel yang memiliki nilai. Baik budaya maupun personal untuk masyarakat Kota Palu yang dapat-dilihat dari sisi flora maupun kebudayaan.

“Dari motif Kelor tersebut lahirlah 16 motif yang-dikembangkan. Inilah motif tenun kita yang baru,” ujar Diah.

Menanggapi hal tersebut, Nanik Hadi Tjahyanto yang juga istri Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Hadi Tjahjanto. Sangat mengapresiasi lahirnya tenun ikat Kota Palu motif Kelor.

“Bagi saya, kecintaan dan kebanggaan kita terhadap Indonesia perlu diwujudkan dalam sebuah ide dan inovasi,” ujar Nanik. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button