NewsPolitik

Sosialisasi Pemilu 2024, KPU Bone Paparkan Tahap Verifikasi Parpol

BONE, NEWSURBAN.ID — Komisi Pemiluhan Umum/ KPU Bone paparkan tahap verifikasi Parpol saat sosialisasi Pemilu 2024, Selasa (2/8/2022).

Sosialisasi itu,dihadiri Kepala Kesbangpol, Bawaslu, serta parpol calon peserta Pemilu 2024.

Pada soisalisasi ini, KPU Bone, Sulawesi Selatan, memaparkan tahapan Pemilu. Sesuai PKPU No. 4/2022, KPU Bone memaparkan tahapan pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual, dan penetapan Partai Politik.

Dalam Kesempatan ini, sebanyak 14 perwakilan Parpol calon peserta Pemilu 2024 hadir. Tiga di antaranya partai baru, yakni Partai Ummat, Partai Gelora, dan Partai Buruh. Ketua dan Sekretaris partai baru ini, langsung hadir.

Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Bone Nasaruddin Zaelany Bertindak Sebagai Narasumber dan menjelaskan tugas dan Fungsi Kabupaten Kota. Dalam melakukan verifikasi terhadap calon peserta Pemilu 2024 mendatang.

Nasaruddin menjelaskan bahwa Amanah UU NO. 7 tahun 2017, SK MK No 55, dan PKPU No 4 2022 menyebut ada tiga kategori Parpol. Yang akan mengikuti Pemilu serentak pada 14 februari 2024 mendatang.

“Pertama partai politik peserta pemilu terakhir lolos ambang batas 4 %. Yang memiliki kursi di DPR RI. Kedua, partai peserta Pemilu terakhir tidak lolos ambang batas 4% atau yang tidak memiliki kursi Di DPR RI. Dan, ketiga Partai Baru. Kedua dan ketiga menjalani vermin dan verfak. Sementara untuk parpol poin pertama hanya vermin,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, masa waktu pendaftaran, vermin, perbaikan, verpak, perbaikan. Serta penetapan peserta pemilu pada 14 Desember Mendatang.

Tak hanya itu. Dalam verifikasi adminisatrasi, faktual, dan penetapan, KPU juga menyiapkan helpdesk. Fungsinya, memantau serta memonitoring perjalanan Sistem Informasi Partai politik (Sipol). Dalam pengimputan berkas dokumen.

Selain itu, kata dia, helpdesk juga berfungsi sebagai wadah Komunikasi Antara LO partai politik dan Penyelenggara KPU. (fan)

# KPU Bone Paparkan Tahap Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button