News

Bupati Andi Utta Hadiri Ritual Andingingi untuk Pertama Kalinya

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Dalam rangkaian Festival Pinisi tahun 2023 ini, Ritual Andingingi kembali digelar oleh masyarakat adat Ammatoa Kajang. Selain mempromosikan kekayaan wisata bahari, event Festival Pinisi Bulukumba juga mempromosikan kekayaan adat budayanya.

Menarik, ritual ini untuk pertama kalinya dihadiri oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf sejak menjadi orang nomor satu di Butta Panrita Lopi julukan daerah Bulukumba.

Andi Utta sapaan akrab bupati hadir bersama istri Andi Herfida Muchtar yang juga sebagai Kadis Kebudayaan Makassar serta jajaran pemerintah daerah dan unsur Forkopimda hadir mengikuti ritual Andingingi di Kawasan Hutan Kajang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Rabu 25 Oktober 2023.

Baca Juga: Festival Iklim 2023, Bulukumba Raih Dua Penghargaan

Ritual Andingingi yang artinya mendinginkan adalah salah satu ritual yang di laksanakan oleh suku Kajang untuk meminta kepada Yang Maha Kuasa. Agar senantiasa di berikan keselamatan dalam pengelolaan alam pertanian, seperti kebutuhan akan hujan. Sehingga pertanian masyarakat Bulukumba memperoleh hasil yang maksimal.

Kepala Desa Tana Towa mengungkapkan bahwa tujuan lain dari ritual ini di laksanakan agar tetap menjaga kelestarian adat budaya suku Kajang.

“Ritual Andingingi adalah aset kekayaan budaya yang mesti di jaga dan di lestarikan. Namun kita melaksanakan Andingingi di luar area kawasan adat, sehingga para undangan bisa mendokumentasikan ritual ini,” ungkapnya.

Dia mengatakan ritual seperti Andingingi ini berbeda dari yang lain dan tidak-ditemukan di luar. Sehingga menurutnya perlu ada perhatian ke masyarakat adat untuk melestarikannya.

“Perlu ada perlakuan khusus utamanya pesta budaya sebagaimana yang-dilakukan di daerah Tator,” ungkapnya.

Baca Juga: Peringati Hari Akseptor Sedunia, Bulukumba Raih Dua Penghargaan Nasional

Zulkarnain menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Bulukumba yang menjadi ritual Andingingi sebagai rangkaian dari Festival Pinisi. Apalagi katanya Bupati Bulukumba dan istri berkesempatan hadir di tengah tengah warga adat Ammatoa Kajang saat ritual Andingingi di laksanakan.

Andi Utta merasa kagum dengan apa yang-dilaksanakan oleh masyarakat adat Kajang. Suasananya terasa begitu alami, mulai dari prosesinya, hidangan yang-disajikan sampai peralatan yang-digunakan.

“Adat Kajang penting kita lestarikan, karena sudah menjadi aset budaya kita di Bulukumba,” kata Andi Utta yang telah membagikan ribuan bibit unggul di kawasan adat untuk membantu ekonomi masyarakat adat ke depan.

Ritual lain yang menarik perhatian adalah ritual Attunu Panroli atau Membakar Linggis. Di mana ritual ini di lakukan untuk mengungkap kebenaran dari salah satu masalah yang-dialami oleh masyarakat suku Kajang.

Ritual Attunu Panroli di lakukan ketika ada masalah kemudian tidak di ketahui pelakunya. Biasanya di lakukan dalam kasus pencurian. Jadi barang siapa yang memegang linggis yang di bakar dan tangannya merasa panas dan terbakar. Maka dia lah pelakunya. Namun apabila bukan pelaku maka telapak tangannya akan merasakan yang sebaliknya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button