NewsParlemenPemilu 2024Politik

Klaim Peroleh Suara Menuju 100 Ribu Lebih di Dapil Sulsel 1, Rudianto Lallo  Lolos ke Senayan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, berpeluang lolos Senayan (DPR RI) dengan perolehan suara mencapai 94.952. Sementara, perolehan suara Nasdem-diklaim sudah tembus 284.858 suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Data tersebut hasil dari 9.144 C plano tim internal Rudianto Lallo per 21 Februari 2024. Dengan data itu, artinya, masih ada 329 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum rekap C plano-nya.

Ketua Tim Pemenangan Anak Rakyat Rudianto Lallo, Susuman Halim, menjelaskan, dengan membagi tiga perolehan suara Nasdem sekira 284.858, maka kemungkinannya berdasarkan data yang masuk, Rudianto Lallo di angka 94.952. Artinya, Rudianto Lallo berpeluang lolos ke Senayan.

Baca Juga: Sebut Bakal Ada Kejutan, Wahab Tahir Optimis Golkar Raih 3 Kursi DPRD Makassar di Dapil 2

“Kelihatannya, karena ini konsisten dengan data awal kita, masih ada 319 TPS yang belum kami dapatkan C Plano-nya. Jadi kelihatannya, buruk-buruknya, sisa kursi Nasdem angka 92 ribu menuju 100 ribu,” kata Sugali sapaan akrab Susuman Halim, Rabu, (21/2/2024).

Dengan angka itu, Sugali mengaku, sangat optimistis kursi ke-7, bahkan ke- 6 bisa menjadi milik kursi kedua Nasdem.

“Dan itu bisa kita lihat dari grafik Sirekap KPU. Peraih suara terbesar untuk dapil Sulsel 1 kelihatannya, dua-duanya dari caleg Nasdem,” katanya.

Baca Juga: Nama 50 Caleg DPRD Makassar Terpilih Beredar, Ada Menantu Wali Kota Makassar

Per Kamis (22/2) kemarin, suara caleg nomor urut 1 Fatmawati Rusdi, sudah tembus 103 ribu. Kemudian, Rudianto Lallo sudah di angka 98 ribu menuju 99 ribu.

Sehingga, kata Sugali, secara hitung-hitungan, kalau dua caleg ini sudah tembus 200 lebih. Berarti kursi kedua relatif menjadi milik dari Nasdem.

Rudianto Lallo sebagai pendatang baru, menurutnya, adalah suatu kejutan yang luar biasa. Karena perolehan suaranya itu di atas petahana-petahana yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1.

Baca Juga: Muhammad Yulianto Badwi Umumkan Raih 10 Ribu Lebih Suara, Ungguli Caleg Petahana

“Itu data perbandingan, karena Sirekap tidak update secara baik untuk dapil 1,” beber Sugali kepada wartawan.

Sebelumnya, Ketua Komisi Saksi Nasdem, Mario David, bahkan telah mengklaim, berdasarkan rekap internal Nasdem Makassar dari C1 plano, perolehan suara Nasdem telah mencapai 314.000.

Angka itu, Nasdem sudah mengamankan dua kursi di Dapil Sulsel 1.

Baca Juga: Putri Pj Bupati Bone, Tenri Abeng Klaim Raih Suara Terbanyak di Dapil 7

Dua tokoh Nasdem, Fatmawati Rusdi dan Rudianto Lallo disebut meraih suara terbanyak.

“Itu berdasarkan rekap C1 plano yang-dikumpulkan internal Nasdem,” ujar anggota DPRD Makassar itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button