KesehatanMetroNewsNusantara

Dikabarkan Dua Warga Makassar Terpapar Cacar Monyet, Danny Pamanto: Hasil Lab Negatif

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Menepis kabar yang beredar, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menegaskan tidak ada warga Makassar terpapar Cacar Monyet atau Monkeypox.

Penegasan itu,disampaikan Danny Pomanto setelah menerima hasil pemeriksaan dua warga Makassar yang di duga terpapar Cacar Monyet.

Baca Juga: Danny Pomanto Akui Belajar Banyak dari Masyarakat Toraja

Keduanya saat ini menjalani isolasi atau perawatan di dua rumah sakit yang berbeda. Yakni di RSUD Labuang Baji dan RSP Universitas Hasanuddin.

“Hasil laboratoriumnya sudah keluar, dua-duanya Alhamdulillah negatif. Jadi saya tegaskan tidak ada warga Kota Makassar yang terpapar Cacar Monyet,” tegas Danny, Jumat (26/08).

Baca Juga: Bersama Danny Pomanto Hadiri Magical Toraja, Rudianto Lallo: Event Bangkitkan Ekonomi Rakyat!

Informasi tersebut juga di benarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr. Nursaidah Sirajuddin.

Dia menyampaikan hasil tersebut berdasarkan uji laboratorium yang-dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Puslitbangkes Kemenkes RI).

Baca Juga: Danny Dampingi Kepala BNN Sulsel Kunjungi Longwis Bara-Baraya

“Informasi dari provinsi, hasil dari Puslitbangkes kalau dua-duanya itu negatif. Berarti tidak ada Cacar Monyet di Makassar,” ujarnya.

Untuk mencegah penyebaran virus Cacar Monyet, pihaknya sudah membuat posko pengaduan di seluruh kontainer Makassar Recover.

Baca Juga: Sukseskan Program ASO, Danny Pomanto Kerahkan 5 Ribu RT/RW

Penguatan lain yaitu dengan meningkatkan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) terhadap penyakit Cacar Monyet di 47 Puskesmas.

“Itu yang kita kuatkan bagaimana masyarakat melaporkan jika ada gejala-gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri badan, segera memeriksakan diri ke Puskesmas ataupun Call Center 112,” ungkapnya.

Baca Juga: Dukung Pembinaan Sepakbola, Danny Pomanto Apresiasi Kehadiran Lapangan Mini Soccer Pelita Kasih

Upaya lain untuk mengantisipasi merebaknya Cacar Monyet dengan memaksimalkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara maupun pelabuhan sebagai pintu masuk Kota Makassar. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com