NewsPemilu 2024Politik

Elektabilitas Prabowo Meroket, Ganjar dan Anies Stagnan

# Di Survei Indonesia Survey Center

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Ektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meroket hingga mencapai 30,4 persen. Elektabilitas prabowo meroket berdasarkan hasil survei Indonesia Survey Center (ISC).

Elektabilitas Probowo berbeda dengan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan stagnan di angka 19,1 dan 13,0 persen.

Chairul Ansari, Peneliti Senior ISC, mengatakan stagnasi elektabilitas Ganjar dan Anies-disebabkan kedua tokoh itu tak memiliki dukungan yang pasti dari partai politik.

Baca Juga: AIA Akan Mundur dari Gerindra Jika Tidak Menangkan Prabowo di Sulsel

“Ganjar dan Anies masih stagnan di bawah angka 20 persen, karena ketiadaan kepastian dukungan dari Parpol dan mungkin seiring naiknya kepercayaan diri Parpol untuk mengusung kadernya sendiri,” kata Chairul saat konferensi pers daring, Senin (29/8).

Ia juga menjelaskan alasan terbesar publik memilih Prabowo adalah anggapan Menteri Pertahanan itu memiliki kapabilitas yang mumpuni di tengah isu keamanan nasional dan krisis pangan.

Sementara, alasan pemilihan Ganjar Pranowo adalah citranya yang kerakyatan di media sosial. Selain itu, pendukung Ganjar di nilai pendukung loyal PDIP.

Baca Juga: Pilpres 2024: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo, Anies dan Jokowi versi Survei PRC-PPI

Menurut dia, pemilih tradisional atau ideologis PDIP yang terpusat di Jateng kemungkinan besar akan bergeser ke Capres lain jika PDIP tidak mengusung Ganjar.

“Kecenderungan terbesar alasan memilih Anies adalah karena kapabilitasnya dalam memecahkan masalah yang-ditunjukkan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Demikian juga program kerjanya, karena kesamaan agama, rekam jejak yang bagus,” ujar dia.

Dalam survei itu,dijelaskan tiga besar tokoh yang-dijadikan pertimbangan adalah pendapat dari tokoh agama, parpol, dan ormas.

Sementara tokoh-tokoh lainnya yang pendapat dan sarannya-dijadikan pertimbangan yaitu tokoh-tokoh yang berlatar birokrasi pemerintahan, adat, keluarga, dan public figure dan sebagainya.

Baca Juga: Gerindra Isyaratkan Deklarasi Prabowo Subianto Capres Tahun Ini

Survei berlangsung pada 9-19 Agustus 2022 menggunakan teknik pencuplikan sampel multistage random sampling varian area random sampling.

Jumlah responden sebannyak 1.520 orang dengan tengumpulan data tersebut,dilakukan melalui wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error ± 2,5 persen dan confidence interval 95 persen.

Sementara itu, berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Yang di rilis 22 Agustus, nama Ganjar kokoh di posisi teratas dalam survei capres.

Baca Juga: Relawan Ganjar Bawa Spanduk Bergambar Ganjar Pranowo di Rakernas PAN

Dalam beberapa simulasi terbuka maupun tertutup, politikus PDIP itu mengalahkan dua pesaingnya di posisi kedua dan ketiga. Yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi terbuka, Ganjar bahkan unggul dari Presiden Joko Widodo. Ia berada di posisi teratas andai Pemilihan Presiden (Pilpres) di gelar saat ini dengan elektabilitas mencapai 17,6 persen.

Kemudian, dalam simulasi tertutup lima nama, Ganjar juga mengungguli Prabowo, Anies, Airlangga Hartarto, dan Puan Maharani. Elektabilitas Ganjar berada di angka 30,1 persen. (bs-cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com