KriminalMetroNasionalNews

Kanit Reskrim Polsek Tallo Dicopot Usai Gerebek Markas Batalyon 120, Kapolrestabes: Itu Tidak Benar!

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kanit Reskrim Polsek Tallo Iptu Faizal mendadak,dicopot. Pencopotan,dilakukan pasca penggerebekan Markas Batalyon 120 Makassar. Bernakah ada kaitan?

Kapolrestabes Makassar Kombes Budi Haryanto, tegas membantah kabar tersebut.
“Berita gak bener kok bisa beredar ya,” ujar Kombes Budi saat mengutip detikSulsel, Senin (12/9/2022).

Kapolres Budi tak menampik jika Faizal di copot dari jabatannya selaku Kanit Reskrim Polsek Tallo, Makassar. Namun dia membantah pencopotan Kanit Reskrim Polsek Tallo karena penggerebekan Batalyon 120.

“Bisa kita pertanggungjawabkan pencopotan itu,” kata Budi.

Baca Juga: 48 Anggota Batalyon 120 Makassar Di tangkap, Polisi Sita Ratusan Senjata Tajam, Botol Miras, dan Motor

Sementara itu, Kasubag Humas Polrestabes Makassar AKP Lando juga membantah pencopotan Faizal ada kaitannya dengan penggerebekan Batalyon 120 Makassar.

“Istilah di polisi kan ada kebijakan organisasi, kebijakan pimpinan. Pertimbangan beliau mengganti beliau yang tahu,” kata Lando.

Ia juga menjelaskan bahwa Iptu Faizal tak terlibat penggerebekan Batalyon 120 Makassar, melainkan-dilakukan tim Thunder Polda Sulsel.

“Kan yang temukan itu kan dari Polda, tim Thunder (Polda Sulsel) kan,” kata Lando.

Terkait pencopotan itu, Faizal belum memberikan keterangan.

Penggerebekan Markas Batalyon 120 Makassar

Sebelumnya, Polisi melakukan penggerebekan di markas Batalyon 120 Makassar. Sebanyak 48 orang sempat-diamankan polisi beserta sejumlah senjata tajam.

Untuk di ketahui, Batalyon 120 Makassar merupakan organisasi pemuda yang-diinisiasi Kapolrestabes Makassar Kombes Budi Haryanto. Organisasi ini merangkul pemuda dari berbagai latar belakang, yang salah satunya mantan preman.

“Itu anak-anak adalah anak-anak yang sudah terdaftar dalam binaan Batalyon 120. Semuanya adalah anak-anak yang telah-dirangkul oleh Batalyon 120 termasuk anak-anak geng motor,” kata Kapolsek Tallo Kompol Badollahi saat-dikonfirmasi, Minggu (11/9).

Penggerebekan markas Batalyon di Jalan Korban 40.000 Jiwa itu,dilakukan Tim Thunder Samapta Polda Sulsel pada Minggu (11/9) pukul 02.30 Wita. Dalam penggerebekan itu, polisi sempat mengamankan 48 orang dan 20 unit sepeda motor.

Saat penggerebekan, polisi juga menemukan sejumlah senjata tajam seperti 164 anak busur panah, 3 ketapel, 4 bilah parang, dan 1 senjata api rakitan jenis papporo. Selain itu,ditemukan juga 38 botol miras kosong di lokasi penggerebekan.

Baca Juga:Ditahan Beberapa Jam, 48 Orang Yang Di tangkap di Markas Batalyon 120 Makassar Dibebaskan

Badollahi menjelaskan, 48 orang yang-diamankan merupakan anak-anak yang sengaja-dikumpulkan Batalyon 120 untuk diberikan pembinaan. Sementara barang-barang yang-ditemukan-disebut merupakan hasil sitaan dari anak binaan untuk-dimusnahkan.

“Dia mengumpulkan senjata tajam dari mereka (anak binaan),dikumpulkan di sekretariat Batalyon 120 lalu akan-diserahkan ke kepolisian untuk dimusnahkan,” terang Badollahi.

“Jadi ini warga binaan yang cukup banyak ribuan ini anak anak rekrutannya. Busur-busur itu adalah bagian dari setoran anak-anak ini. Busurnya inilah yang-diserahkan ke Bataliyon 120, makanya di simpan lah dalam suatu baskom (di markas). Di simpan dengan tujuan untuk-dimusnahkan, termasuk itu ada botol miras itu bagian daripada barang yang akan-dimusnahkan oleh anak Batalyon, tentunya kordinasi dengan kepolisian,” sambungnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button