NewsSulsel

Tingkatkan Stok Darah, Pemkab-PSMTI Gelar Donor Darah Sukarela

GOWA, NEWSURBAN.ID Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) melakukan Donor Darah Sukarela, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Minggu, (18/9).

Panitia Pelaksana yang Juga Wakil Ketua PSMTI Kabupaten Gowa, Yerry mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dimana untuk Sulawesi Selatan dipusatkan pada beberapa tempat salah satunya di Kabupaten Gowa.

“PSMTI memilih Kabupaten Gowa karena selain kepala daerahnya yang Ketua PMI Sulsel, kami juga merasa antusias masyarakat juga akan tinggi,” ungkapnya.

Baca juga: Ketua PMI Gowa Beri Penghargaan untuk Kecamatan dan Relawan Pendonor Darah Terbanyak

Khusus di Kabupaten Gowa kata Yerry, mengatakan dari 500 target sekitar 435 orang yang terdaftar ikut dalam aksi tersebut. Sementara yang mampu terkumpul hanya 310 kantong darah berdasarkan yang memenuhi syarat.

Sementara 125 tercatat ditolak karena tidak memenuhi syarat. Masing-masing karena pengaruh tekanan darah sebanyak 31 orang, 27 orang terdaftar memiliki Hb rendah dan tinggi, dan 67 orang karena faktor lain.

Sementara Bupati Gowa yang juga Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa dan Sekda Gowa juga melakukan peninjauan pada pelaksanaan donor darah sukarela ini.

Baca juga: HUT Ke-77 Tahun PMI, Adnan: Harus Jadi Terdepan Untuk Kemanusiaan 

Adnan mengaku kegiatan kemanusiaan seperti donor darah terlaksanakan hari ini akan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Hari ini kita melaksanakan donor darah kerjasama dengan PSMTI dan PMI serentak di Seluruh Indonesia. Kegiatan ini adalah hasil kerjasama antara Ketua PMI Pusat dan Ketua Umum PSMTI. Terkait peningkatan stok darah di seluruh Indonesia termasuk di Sulsel,” ungkapnya.

Baca juga: Adnan Tegaskan Organisasi PMI Bukan Panggung Cari Nama

Kegiatan ini juga bertepatan dengan HUT PMI yang jatuh pada tanggal 17 kemarin. Sehingga ia mengaku kebaikan masyarakat yang melakukan donor darah ini akan sangat membantu.

“Ada berbagai manfaat melakukan donor darah. Yaitu tubuh akan sehat dan mendapat amal karena setetes darah yang-disumbangkan ke orang yang membutuhkan dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Insyaallah-diganjar pahala oleh Allah Swt,” jelas Adnan. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button