NewsNusantaraPariwisataSulsel

Tutup Festival Pinisi XII, Andi Utta Harap Tahun Depan Lebih Meriah

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf resmi menutup Festival Pinisi XII tahun 2022 Kabupaten Bulukumba di Pedesterian Titik Nol Bira, Sabtu, 17 September 2022 malam.

Menjelang penutupan ini, eksekutif dan legislatif sudah kompak berbaur bersama. Itu terlihat sejak pelepasan peserta Bira Sunset Run hingga Gala Dinner.

Tampak, Bupati-Wabup Bulukumba bersama jajaran Kepala OPD menikmati santap malam dengan Pimpinan dan Anggota DPRD.

Baca Juga: Ritual Songkabala, Annyorong Lopi dan Tanam Bitti Awali Festival Pinisi

Selain itu, juga hadir Anggota DPRD Provinsi Sulsel Andi Muh Anwar Purnomo, unsur Forkopimda, Sekda, serta ratusan tamu lainnya memadati lokasi penutupan.

Bupati Muchtar Ali Yusuf mengatakan, Bulukumba memiliki obyek wisata pantai yang indah dengan pasir putih menjanjikan yang tak ada duanya di Sulsel, bahkan di Indonesia.

“Objek wisata ini harus terus kita jaga. Event Festival Pinisi ini sudah masuk 100 besar, tapi target kita adalah mengejar F8 yang sudah 10 besar. Ini bisa terwujud, selama kita kebut bersama,” katanya.

Baca Juga: Kagumi Festival Pinisi Danny Pomanto: Bulukumba Tempat Indah

Bupati yang akrab disapa Andi Utta mengajak seluruh elemen masyarakat Bulukumba untuk benar-benar menjaga kearifan lokal dan keberlangsungan Kapal Pinisi.

“Pinisi yang sudah diakui oleh UNESCO adalah dari Bulukumba,” kata Andi Utta.

Tutup Festival Pinisi XII, Andi Utta Harap Tahun Depan Lebih Meriah

Karena itu, Andi Utta berharap agar tahun depan, anggaran dari Festival Pinisi ini dapat lebih besar lagi. Sehingga event ini, akan lebih meriah dan pengunjung atau wisatawan dapat bertambah besar.

“Insya Allah di 2023, pantai Lemo-lemo, Bara dan Bira, termasuk pasar wisata, jadi prioritas APBD maupun DAK,” sambung bupati berlatar pengusaha tersebut.

 

Baca Juga: Runners Kagumi Spot Wisata Bira Sunset Run 2022

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bulukumba, Daud Kahal mengatakan, terselenggaranya Festival Pinisi XII menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Bulukumba.

“Ini adalah salah satu perwujudan visi misi Bupati dan Wakil Bupati dalam pembangunan di bidang kepariwisataan. Dengan terbangunnya sektor wisata akan mendorong sektor-sektor lainnya,” tukasnya.

Selama tahun 2022, kata mantan Kadis Kominfo itu, angka kunjungan wisatawan di Kabupaten Bulukumba sudah hampir mencapai 400 ribu.

“Ini tentu akan berdampak terciptanya multiflyer effect secara positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Daud Kahal.

Ia menyadari event pariwisata selama Festival Pinisi 2022, masih perlu penyempurnaan di masa-masa mendatang.

“Kita harap ini menjadi atensi khusus bagi Pak Bupati dan Wakil Bupati, juga dukungan dari DPRD. Semoga ke depan, sektor pariwisata menjadi lokomotif dalam pendapatan asli daerah,” jelas Daud Kahal.

Baca Juga: Lima Kapal Pinisi Ramaikan F8 Makassar

Di sela-sela rangkaian penutupan Festival Pinisi, salah seorang wisatawan mancanegara asal Jerman, Victor Stanley tampil menyanyikan lagu jazz country. Di lagu keduanya, Victor berduet dengan Bupati Andi Utta.

“Terimakasih Pak Bupati telah mengundang saya menyanyi. Ini pertama kali saya kembali liburan, sejak 50 tahun lalu meninggalkan Makassar,” tuturnya, dalam terjemahan berbahasa Inggris.

Selain penampilan grup Band asal Makassar Jade N Sugy yang menghibur pengunjung, panitia juga menampilkan tari Annyorong Lopi dari Sanggar Seni Saorajae. Kemudian, tari Songkok to Bone dari SMPN 1 Watampone.

Panitia juga, mengumumkan nama-nama pemenang lomba. Bupati Andi Utta pun,didaulat untuk menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para pemenang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com