NewsNusantaraSulawesiSulteng

Jadi Inspektur Upaca HUT ke-44 Kota Palu, Gubernur Rusdy Mastura: Indeks Pembangunan Paling Tinggi, Angka Kemiskinan Paling Rendah di Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota Palu menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-44 Kota Palu tahun 2022 di halaman kantor Wali Kota Palu pada Selasa, 27 September 2022.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura menjadi inspektur upacara yang-dihadiri Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE, Wakil Wali Kota, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes, para unsur Forkopimda, sejumlah instansi, pejabat di lingkup Pemerintah Kota Palu, dan tokoh masyarakat.

Baca Juga: Festival Jelajah Lembah Palu Di apresiasi Wawali Reny

Gubernur Rusdy yang juga selaku Mantan Wali Kota Palu dua periode dalam arahannya mengucapkan Dirgahayu Kota Palu yang ke-44 tahun 2022 dengan harapan. Semoga peringatan HUT tahun ini dapat menjadi pembangkit penyegaran dan pemersatu semua lapisan untuk kolaborasi dalam membangun Kota Palu.

Menurutnya, HUT ke-44 Kota Palu adalah momentum yang tepat untuk mengevaluasi strategi dan program yang telah-dijalankan untuk membangun Palu selama ini. Terlebih di kaitkan dengan pemulihan sektor-sektor esensial di Kota Palu pascabencana 28 September 2018 dan Covid-19.

Baca Juga: Kaban Litbangda: Pengangguran dan Kemiskinan di Kota Palu Meningkat

“Untuk itu terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta pihak terkait yang telah berhasil menurunkan Covid-19. Hal ini bisa-dilihat jelas dengan capaian makro ekonomi Kota Palu dalam memperlaju pertumbuhan PDB sebesar 5,90%. Yang antara lain di kontribusikan dari lima sektor dominan khas perkotaan dan jasa konstruksi, administrasi pemerintahan dan perdagangan, informasi dan komunikasi. Serta sektor pendidikan,” katanya.

Ia menyebut persentase penduduk miskin di Kota Palu merupakan yang paling rendah dari pada kabupaten-kabupaten lain se-Provinsi Sulawesi Tengah yaitu 7,17. Indeks pembangunan manusia Kota Palu juga secara konsisten terus meningkat dalam empat tahun terakhir dan kini berada di angka 81,70. Angka ini, paling tinggi di antara kabupaten se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Lantik 7 Pejabat Eselon II B, Wali Kota Palu Harap Bisa Jadi Pemacu Kinerja OPD

Gubernur Rusdy menyampaikan kabar gembira kepada masyarakat Kota Palu tentang-diterbitkannya Inpres No. 8 tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kita juga bersyukur kemarin dari pihak Kementerian PUPR RI telah melakukan ground breaking pembangunan Huntap Talise dan InsyaAllah bulan November nanti dilanjutkan Ground Breaking Huntap Tondo 2 dan Huntap Petobo. Saya mohon doa dan dukungan semua pihak untuk percepatan pemulihan pascabencana 2018 silam,” ungkapnya.

Baca Juga: Hadianto Rasyid Akan Kirim Petani Anggur Kota Palu Belajar ke Korsel Tahun Ini

Upacara Peringatan HUT ke-44 Kota Palu kali ini terasa sangat meriah. Dengan di adakannya berbagai event yang di pusatkan di Lapangan Vatulemo Kota Palu. Dan menghadirkan sejumlah bintang tamu baik Andmesh, Padi Reborn. Korps Marching Band Gita Abdi Praja (GAP) Kampus IPDN Regional Sulawesi Selatan, dan lainnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com