NewsSulsel

Di HUT Ke-64 Kabupaten Pinrang, Pj Gubernur Sulsel Ungkap Alasan Prioritaskan Sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan

PINRANG, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin didampingi Pj Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Pinrang, Senin, 19 Februari 2024. Dalam acara ini, Bahtiar mengungkapkan alasannya memprioritaskan sektor pertanian, perikanan, dan peternakan, di era pemerintahannya.

Menurut Bahtiar, pemerintah bersama seluruh stakeholder terkait harus membantu masyarakat, khususnya petani, nelayan, dan peternak, untuk meningkatkan pendapatannya. Termasuk perbankan, melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kita harus bantu dulu petani kita, kita harus bantu dulu peternak kita, kita harus bantu dulu nelayan kita. Yang lain gampang kita perbaiki. Ini harus kita dorong, bagaimana kita mengelola untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bahtiar.

Baca Juga: Di Pinrang, Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Bangsal Pascapanen, Tebar Benih Ikan dan Inseminasi Buatan

Bahtiar menekankan, lahan yang luas di seluruh Sulsel ini harus betul-betul di manfaatkan dengan baik sebagai lahan pertanian, perkebunan, maupun usaha lainnya. Masyarakat Sulsel harus di ajarkan bagaimana memanfaatkan lahan yang kurang produktif menjadi lahan yang menghasilkan.

“Tidak ada gunanya kita dikasi lahan yang luas kalau kita tidak perbaiki produksi kita. Harus kita ajari masyarakat kita cari uang yang efisien dan tepat dengan cara-cara yang luar biasa,” terangnya.

Apalagi saat ini, kata Bahtiar, lima perbankan mendukung penuh para petani, peternakan, petambak, nelayan, dan seluruh UMKM dari sektor permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan, baik mikro maupun makro.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Ingin Kembalikan Kejayaan Kota Parepare Sebagai Pusat Niaga

“Tahun 2023 lalu KUR kita Rp15,6 triliun. InsyaAllah KUR 2024 Rp30 triliun. Kalau Rp30 triliun ini kita bantu UMKM, bisa kita sejahterakan masyarakat kita. Saya minta Pemerintah Kabupaten Pinrang, Kepala Dinas, Camat, silaturahmi dengan Bank Sulselbar, BRI, Mandiri, BNI dan BSI untuk mensejahterakan masyarakat kita di Kabupaten Pinrang,” ajak Bahtiar.

Sementara, Bupati Pinrang, Irwan Hamid, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulsel atas bantuan keuangan khusus untuk infrastruktur di tahun 2023 dengan nilai bantuan Rp20 miliar.

“Alhamdulillah anggaran tersebut kami bangun pemecahan ombak atau tanggul. Dan infrastruktur Jalan Poros Letta – Kariango di Desa Letta, Kecamatan Kariango, Kabupaten Pinrang,” ungkap Irwan Hamid.

Bahkan, kata Irwan Hamid, Desa Letta Kecamatan Kariango baru bisa menikmati indahnya jalan aspal di tahun 2023 kemarin. “Alhamdulillah akhirnya masyarakat di sana sudah melihat kendaraan roda dua masuk di daerahnya,” pungkasnya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button