MetroNewsNusantara

Jaga Keamanan Informasi, Diskominfo Makassar Gelar FGD Penyusunan SMKI

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Pedoman Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) di Aston Hotel Makassar, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini di buka Staf Ahli Wali Kota Bidang I Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan, dan-dihadiri OPD lingkup Pemkot Makassar.

Dalam pemaparannya, Andi Irwan Bangsawan menyebut kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memiliki manfaat yang sangat besar dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Baca Juga: Program Pemkot Makassar Sejalan dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Di sisi lain, kata Andi Irwan, terdapat ancaman yang dapat mengganggu keamanan informasi dan bersifat merusak atau merugikan.

“Kerusakan terjadi tidak hanya merubah konfigurasi sistem komputer ataupun informasi yang di simpan. Seperti yang biasanya di alami saat terkena virus, tapi juga perilaku peretasan,” ungkap Andi Irwan.

Baca Juga: Kendalikan Inflasi, Fatmawati Rusdi Tekankan Pentingnya Kolaborasi

Aksi peretasan, lanjut Andi Irwan Bangsawan, mengarah ke pelanggaran privasi dan pencurian informasi bahkan ada yang berorientasi profit.

Selain ancaman tersebut, ada juga potensi ancaman terhadap informasi yakni ketika terjadi hal yang tidak di inginkan. Andi Irwan Bangsawan mencontohkan peristiwa bencana alam atau kesalahan teknis.

Baca Juga: Hindari Keributan, Danny Pomanto Tunda Pemilu Raya Ketua RT/RW Sampai 2024

“Banjir, kebakaran, gempa bumi maupun ancaman kegagalan teknis. Seperti kesalahan penggunaan kegagalan perangkat keras/lunak yang dapat menyebabkan hilangnya data, merusak perangkat TIK. Serta menghambat layanan informasi,” jelasnya.

Untuk itu penyusunan pedoman SMKI oleh Dinas Kominfo Makassar di nilai sangat penting. Untuk meminimalisir dampak dari ancaman yang mengganggu keamanan informasi.

Baca Juga: Dinas Kominfo Makassar Launching Cloud Data Storage dan Repository Apps

“Suatu kebanggaan kita bersama bahwa Dinas Kominfo dapat melaksanakan suatu kegiatan. Untuk mendukung penyusunan Dokumen SMKI, jadi saya ajak kita semua untuk berembuk menyusunnya,” tutupnya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com