NewsSulsel

Bupati Andi Utta Tarawih Pertama di Masjid ICDT Bulukumba

#Panitia ICDT Siapkan Doorprize yang Rajin Shalat Tarwih

Shalat tarawih pertama 1 Ramadan 1445 H (Senin, 11/3/2024) Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memilih di Masjid Islamic Center Dato Tiro.

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Umat Islam kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadan, bulan yang diwajibkan kaum muslimin untuk berpuasa.

Pemerintah Indonesia melalui sidang Isbat Kementerian Agama menetapkan 1 ramadan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024, meski sudah ada sebagian kalangan umat muslim seperti ormas Muhammadiyah yang melaksanakan puasa Ramadan pada hari Senin 11 Maret 2024.

Untuk shalat tarawih pertama, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memilih Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT) dalam menunaikan shalat sunat yang hanya dilaksanakan dalam bulan ramadan ini. Usai shalat Isya berjamaah, Andi Utta sapaan akrab bupati bersama ratusan jamaah lainnya melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat dan witir 3 rakaat, Senin 11 Maret 2024 malam.

Baca Juga: DBD Merebak, Warga di Bulukumba Khawatir

Pengurus Masjid ICDT, Andi Mappiwali dalam laporannya menyampaikan beberapa hal terkait amaliah Ramadan di Masjid ICDT. Di antaranya, shalat Tarwih berjamaah-dilaksanakan setelah shalat Isya. Ceramah Ramadan-dilaksanakan setiap malam setelah shalat lsya selama 15 menit dan-dilanjutkan setelah shalat subuh selama 20 menit.

Dia mengatakan shalat Tarwih tahun ini-dipimpin oleh tiga Imam secara bergantian 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari ketiga, yakni Ustadz Abdul Khaliq (Khatam A-Quran 30 juz), Ustadz Kamsuddin dan Ustadz. KM. Riswan Bohari.

“Shalat Tarwih ada dua yakni Tarwih 20 rakaat dan Tarwih 8 rakaat. Bagi jamaah yang melaksanakan Tarwih delapan rakaat-dilanjutkan dengan witir. Kemudian setelah itu-dilajutkan kembali dengan shalat Tarwih 20 rakaat,” ungkap Mappiwali.

Baca Juga: Jelang Ramadan, TPID dan Satgas Pangan Bulukumba Lakukan Sidak Pasar

Pada kegiatan Amaliah Ramadan ini, pihak Masjid ICDT juga membuka kegiatan Pasar Ramadan di lantai dasar. Dan akan berakhir 3 (tiga) hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Pada pasar Ramadan itu-diharuskan seluruh pedagang dan jama’ah menghentikan seluruh aktivitas jual belinya pada saat adzan mulai-dikumandangkan. Dan-dilanjutkan kembali setelah pelaksanaan shalat berjamaah.

“Insya Allah kami juga akan menyiapkan doorprize bagi jama’ah yang rajin melaksanakan shalat Tarwih di lCDT. Dengan menyetor fotocopy KTP setiap malam,dimulai pada malam ke 11 sampai akhir Ramadan. Dan yang berhak mendapatkan kupon undian yaitu jamaah yang kehadirannya minimal 15 hari dari hari ke 11 sampai hari ke 30,” ungkapnya.

Baca Juga: Stabilkan Harga Sembako, Pemkab Bulukumba Gelar Gerakan Pangan Murah

Sementara itu Bupati Andi Utta mengajak kaum muslimin bersyukur karena kembali-dipertemukan dengan ramadan, bulan yang penuh berkah dan kemuliaan.

“Olehnya itu mari kita menyambut bulan suci ramadan ini dengan penuh suka cita dan memperbanyak ibadah,” imbuhnya.

Untuk menghormati kesucian bulan ramadhan, Andi Utta mengimbau seluruh pihak untuk menjauhkan segala aktivitas yang menodai ibadah puasa. Seperti tidak melakukan aktivitas yang dapat mengganggu ketenteraman di lingkungan sekitar seperti balapan liar, penggunaan petasan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bulukumba Terima Sertifikat Bebas Frambusia dari Menteri Kesehatan

Ia juga berharap pada momentum ramadan ini, agar senantiasa memupuk persaudaraan, kebersamaan antar warga. Juga, meningkatkan empati dan kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu dan masih membutuhkan bantuan.

“Saya juga berharap bahwa masyarakat Bulukumba dapat menampakkan citra sebagai orang yang memegang teguh akan nilai budaya dan agama. Dan berkomitmen melaksanakan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Untuk-diketahui, sebagaimana tahun tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan menggelar Safari Ramadan di 10 Kecamatan. Safari Ramadan akan-dimulai pada hari Rabu 13 Maret 2024 di Desa Balong Kecamatan Ujungloe. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button