NewsOlahragaSulsel

Belum Berangkat, Kontingen Atlet Bone dapat Sorotan Sejumlah Kalangan

BONE, NEWSURBAN. ID — Kontingen altt Kabupaten Bone, pada Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) XVII di Kabupaten Sinjai-Bulukumba Sulawesi Selatan mulai 22-30 Oktober 2022 berjumlah 600 orang.

Informasi yang dihimpun dari sekian banyak orang tersebut hanya 360 atlet. Selebihnya ada official atau pendamping yang jumlahnya 138 orang. Kemudian pengurus KONI 54 orang, serta tim media center 10 orang.

Selebihnya merupakan tenaga teknis di lapangan seperti tim medis 24 orang, mekanik empat orang.

Sejumlah kalangan mempertanyakan fungsi dari pendamping atlet tersebut.

Baca juga: Bulukumba Berprestasi, Menggema pada Pelepasan Kontingen Porprov Sulsel 2022

“Yang menjadi pertanyaan kenapa begitu banyak pendamping atlet. Mereka ini diberangkatkan dengan uang negara. Harus jelas tupoksi ke sana. Kalau hanya datang untuk gagah gagahan mending tidak perlu,” kata Muis seorang aktivis Pemuda Kamis, (20/10/2022).

Kedua menurutnya, ada beberapa cabor memberangkatkan pendamping bukan mantan atlet di cabor tersebut. Sehingga peran dalam meningkatkan prestasi tidak jelas.

“Kalau yang diberangkatkan merupakan alumni Atlet Porda atau sekarang istilah Proprov tidak masalah. Karena memang pengalaman dan arahannya untuk semangati atlet dibutuhkan. Tapi kalau yang dibawa orang yang bukan ahli di bidang olahraga itu, lagi-lagi saya tanyakan dasarnya apa?,” tanya dia.

Baca juga: Kontingen Porprov Sulsel akan Diterima secara Resmi di Masjid ICDT

Ia mengatakan, masyarakat umum pasti mengetahui bahwa dalam cabang olahraga tentu paling berperan selain atlet adalah tim pelatih. Selebihnya official paling satu atau dua orang.

“Kalau sudah lebih dari itu patut kita pertanyakan. Saran saya APH nanti tangani ini penggunaan anggaran KONI Bone khusus untuk Proprov. Supaya tak ada kecurigaan masyarakat,” tutup Muis.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bone telah menganggarkan Rp 5,8 miliar yang bersumber dari APBD khusus untuk Proprov 2022.

Bagi atlet peraih medali emas akan diganjar bonus Rp 15 juta, medali perak Rp 10 juta dan untuk perunggu berhak atas uang Rp 5 juta

Sebelumnya, Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi secara resmi mengukuhkan kontingen Kabupaten Bone yang akan berangkat bertarung pada ajang Proprov XVII yang bakal berlangsung mulai 22-30 Oktober 2022.

Baca juga: Lepas Dan Kukuhkan Kontingen Kwartir Cabang Bone, Andi Fahsar: Dipundak Kalian Kami Letakkan Nama Baik Daerah

Pengukuhan-dipimpin orang nomor satu di Kabupaten Bone ini digelar di pelataran parkir halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Kota Watampone, Selasa 18 Oktober 2022 malam.

Sebanyak 600 orang tergabung dalam kontingen yang dikukuhkan. Atlet sebanyak 360 orang, pelatih, manajer, dan official 138 orang, pengurus KONI 54 orang, tim medis 24 orang, mekanik 4 orang dan tim media center 10 orang.

Kontingen Bone akan bertarung pada 28 cabang olahraga (Cabor) yang-dipertandingkan. (Fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com