NewsNusantaraSulsel

Desa Ara Raih Trophy Utama Program Kampung Iklim

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Salah satu wilayah di Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan Trophy Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama tahun 2022.

Trophy yang di berikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut diraih oleh Desa Ara, Kecamatan Bontobahari.

Trophy bidang lingkungan ini di serahkan langsung Menteri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Kepala Desa Ara, Dr. H. Amiruddin Rasyid, di Balai Jumat 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Dukung Desa Wisata, Telkom Kerjasama Digitalisasi dengan Desa Bira

Trophy Proklim Utama bagi Desa Ara adalah tropy keempat yang di raih Kabupaten Bulukumba yang sebelumnya di raih oleh Dusun Parukku Desa Bululohe Kecamatan Rilau Ale tahun 2016. Dan Desa Salassae Kecamatan Bulukumpa tahun 2017, dan Dusun Bangkeng Buki, Desa Bukit Harapan Kecamatan Gantarang tahun 2021.
Bahkan Desa Salassae pada tahun 2019 menerima Tropy Proklim Kategori Lestari.

Desa Ara menerima trophy Proklim Utama tahun 2022 bersama 54 lokasi lainnya di Indonesia. Sementara di Provinsi Sulawesi Selatan, tropy Proklim Utama di raih oleh Bulukumba bersama Kabupaten Bantaeng, Bone dan Enrekang.

Ada tiga unsur penilaian terhadap perolehan Program Kampung Iklim yaitu adaptasi lingkungan, mitigasi atau pencegahan terhadap kerusakan lingkungan, dan keberlanjutan serta integrasi kelembagaan kelompok dengan kelompok lainnya.

Baca Juga: Andi Utta Jamu Makan Malam Kontingen Bulukumba di Sinjai

Selain Trophy Proklim Utama, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga menerima penghargaan sebagai Pembina Proklim tahun 2022. Penghargaan Pembina Proklim ini merupakan penghargaan yang ke-5 kalinya bagi Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Alfian Mallihungan mengatakan Proklim kategori apresiasi pembina tingkat kab. di raih oleh Bulukumba bersama 34 kabupaten lainnya se Indonesia.

Beberapa indikator sehingga Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan Pembina Proklim. Di antaranya kegiatan Proklim telah-dimasukkan dalam dokumen perencanaan, baik di RPJMD maupun pada RKPD setiap tahunnya.

“Selain Trophy Proklim yang-diterima Desa Ara, beberapa desa lainnya juga menerima penghargaan Sertifikat Proklim. Di antaranya Desa Orogading Kecamatan Kindang,” ungkap mantan Kadis Perikanan ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com