NewsSulsel

Lomba Cipta Menu B2SA dan Serba Ikan Ramaikan HKG ke-51 Kabupaten Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID – Masih dalam semarak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Gowa, TP PKK Kabupaten Gowa menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Memasak Menu Serba Ikan yang melibatkan seluruh kecamatan se-Kabupaten Gowa di Atrium London, Phinis Pointd Mall Makassar. Jum’at (22/9).

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dalam kesempatan itu juga hadir meninjau langsung jalannya lomba.

Mussadiyah Rauf mengatakan, Lomba Cipta Menu ini diikuti oleh 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa. Selain untuk meramaikan Peringatan HKG Ke-51 Tahun 2023, lomba ini juga bertujuan agar pangan yang seimbang, yang pengolahannya sangat beragam bisa juga masuk di rumah-rumah di tingkat keluarga.

Baca Juga: Hadiri Peringatan HKG PKK Ke-51, Adnan Minta PKK Gowa Berkolaborasi Turunkan Stunting

“Dalam rangka HKG Ke-51, kami bersama Pokja III TP PKK Kabupaten Gowa mengadakan Lomba Cipta Menu B2SA yang diikuti oleh seluruh Ketua TP PKK di setiap kecamatan yang bertujuan agar pangan lokal kita dengan berbagai gizi seimbangnya juga cara olahannya yang beragam, dan bisa dihidangkan di dalam keluarga,” kata istri Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni ini

Selain itu kata Mussadiyah, di tahun ini jga Pokja III TP PKK Gowa menjadi pilot project dan jika sebagai ujung tombak penanganan stunting. Sehingga Lomba Masak Menu Ikan ini bertujuan menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak, kemudian meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan.

“Melalui lomba ini para Ketua PKK Kecamatan ini bisa memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas kemudian mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan lokal,” tambahnya.

Sementara itu Koordinator Pokja III TP PKK Kabupaten Gowa, St Mudrijannah Mundoap berharap, dengan mengikuti kegiatan Festival Lomba B2SA. Dan Lomba Masak Serba Ikan ini dapat menekan angka stunting yang ada di Kabupaten Gowa. Dan untuk menciptakan kreativitas menu makanan yang berbahan lokal pada masyarakat.

“Kita harapkan kegiatan ini bisa hadirkan kreasi menu-menu baru dari bahan lokal. Dan tentu saja sebagai upaya kita menekan angka stunting khususnya di Kabupaten Gowa,” pungkasnya.

Baca Juga: DPRD Setujui APBD Perubahan Pemkab Gowa Tahun 2023

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kecamatan Pattallassang, Andi Dian menuturkan, Menu B2SA yang di tampilkan berupa panganan lokal khas Kecamatan Pattallassang. Yang kaya akan komoditi jagung dan berbagai sayur mayur yang mudah di peroleh di sekitar masyarakat.

“Menu B2SA ini kami buat berdasarkan komoditi khas kami di Pattallassang yakni ada jagung, bayam dan beberapa sayur-mayur lain. Yang tentunya mudah di jangkau masyarakat,” ungkapnya.

Menu B2SA ini di sosialisasikannya di sejumlah Posyandu yang ada di Kecamatan Pattallassang yang mana dari segi komposisi. Menu B2SA tentu memiliki banyak. Manfaat khususnya bagi anak yang mengalami stunting dan Ibu Hamil KEK.

“Manfaatnya untuk tubuh ini bagus sekali karena non gluten atau minim gula, bahkan kandungan nutrisi di dalamnya cukup lengkap,” pungkasnya.

Rangkaian HKG PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Gowa ini akan berlangsung selama empat hari, sejak Kamis (22/9) hingga, Minggu (24/9) mendatang. (AF/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button