EkonomiNewsNusantaraSulsel

Cek Harga Bahan Pokok, Bupati Gowa Instruksikan Camat Pantau Pasar Tradisional

# Kemendagri Sebut 3 Komoditas Bahan Pokok Alami Kenaikan Tertinggi

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menginstruksikan seluruh camat untuk melakukan operasi pasar di wilayahnya masing-masing. Operasi pasar ini untuk mengecek harga bahan pokok di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Gowa.

“Saya minta kepada seluruh camat, mulai Rabu (besok pagi) hingga Kamis agar seluruh camat mengambil sampel dan melakukan pengecekan data di pasar masing-masing,” kata Adnan saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual bersama camat, Selasa (1/11).

Orang nomor satu di Gowa ini menjelaskan bahwa pengecekan harga komoditas khususnya kebutuhan bahan pokok untuk mencocokan dengan data yang disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga: Priska Adnan Kenalkan Desa Wisata di Gowa ke PIA Ardhya Garini Daerah II

Adnan mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi yang-dilaksanakan pada Senin (31/10) lalu, Kabupaten Gowa masuk sebagai salah satu daerah dengan tingkat kenaikan harga tertinggi di Indonesia.

“Kita ingin melihat apakah data yang disampaikan oleh Kemendagri itu sudah sesuai dengan kondisi real yang terjadi di wilayah Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Dia menyebutkan bahwa dari data Kemendagri, ada tiga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan cukup tinggi. Antara lain beras, minyak goreng dan gula pasir. Dalam melakukan pemantauan, dia akan melibatkan Tripika yakni Polsek dan Koramil.

“Cek harga komoditas khususnya beras, gula pasir dan juga minyak goreng maupun minyak curah. Di samping itu, mengecek juga harga-harga komoditas yang lain apakah ada mengalami kenaikan atau tidak,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Kaji Kemacetan Hingga Pengembangan Koperasi dan UMKM

Karena itu, Adnan berharap camat bersama tripika untuk betul-betul mendata harga komoditas yang ada di pasar-pasar. Data ini akan menjadi laporan Pemerintah Kabupaten Gowa kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Kamis siang sudah buat laporan dan saya minta Kamis sore itu sudah harus di kasih ke Bagian Perekonomian. Sebab, hari Jumat saya mau bikin laporan berkaitan dengan data. Laporan terkini sebagai perbaikan data yang di sampaikan oleh Menteri Dalam Negeri pada saat Rapat Pengendalian Inflasi Nasional kemarin,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pattallassang Baharuddin mengatakan, apa yang menjadi arahan Bupati Gowa akan segera dia tindaklanjuti. Rencananya pun Rabu (2/11) besok hingga Kamis mendatang, ia bersama Tripika Pattallassang akan turun mengecek langsung harga kebutuhan pokok yang ada di pasar.

Dia berharap, harga-harga kebutuhan pokok yang ada di pasar-pasar Kabupaten Gowa tetap normal terutama di Kecamatan Pattallassang, sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat.

Baca Juga: Anugerah Humas Indonesia 2022, Bupati Gowa Jadi Pemimpin Terpopuler di Media Digital

“Karena di Kecamatan Pattallassang hanya satu pasar, makanya kita akan fokuskan di situ, yaitu Pasar Bu’rung-Bu’rung. Tapi kita juga akan mengecek pengecer-pengecer yang ada di sekitar pasar,” ungkapnya.

Sebelum melakukan rapat bersama para Camat, Bupati Adnan di dampingi Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni juga memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Forkopimda Kab. Gowa dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa. (JN/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com