NewsNusantaraSulsel

Pemkab Gowa Kaji Kemacetan Hingga Pengembangan Koperasi dan UMKM

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui Badan Penelitian dan Pengkajian sedang mengkaji terkait pengkajian bidang perhubungan dan kajian pengembangan koperasi dan UMKM.

Saat ini pengkajian tersebut memasuki tahapan diseminasi hasil kajian. Salah satunya pada bidang perhubungan mengenai permasalahan kemacetan di beberapa ruas jalan yang ada.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan,diseminasi merupakan tahapan terakhir dalam proses perimbangan. Tujuan-diseminasi ini, agar para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan hasil perimbangan tersebut. Ke dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang telah di rekomendasikan dari penelitian atau pengkajian.

Baca Juga: Komitmen Pemeliharaan Lingkungan, Gowa Raih Enam Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

“Tahun ini, Balitbangda melakukan dua penelitian atau pengkajian, yaitu pengkajian bidang Perhubungan dan kajian Pengembangan Koperasi dan UMKM. Sehingga SKPD terkait yang memiliki kepentingan dengan kedua penelitian atau pengkajian dapat memanfaatkan dengan maksimal dokumen tersebut,” jelasnya saat hadir membuka-Deseminasi Hasil Kajian Perhubungan, di Dewi Sri Resto and Fishing, Senin (31/10).

Lebih lanjut, Sekkab Gowa menjelaskan bahwa dokumen yang telah di susun menghasilkan rekomendasi sebagai pijakan dalam penentuan atau perencanaan kebijakan kedepannya.

Selain itu, rekomendasi ini juga bisa menjadi landasan yang kuat bagi SKPD dalam memperkuat kinerja kedepan.

“Semoga dokumen ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam pencapaian RPJMD dan RKPD. Sehingga kinerja Kabupaten Gowa bisa dicapai sesuai target yang di harapkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Anugerah Humas Indonesia 2022, Bupati Gowa Jadi Pemimpin Terpopuler di Media Digital

Dia pun berharap peserta yang hadir di tempat ini mampu mengikuti kegiatan dengan baik sehingga dengan adanya kajian ini Kabupaten Gowa lebih teratur dan rapi khususnya di Dinas Perhubungan.

“Mudah-mudahan peserta yang hadir bisa memperhatikan penertiban yang ada di Kabupaten Gowa,” harap Sekda Gowa.

Sementara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabup. Gowa Salam menjelaskan, tujuan pengkajian di bidang perhubungan adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan. Dan solusi-solusi yang harus di lakukan untuk mengatasi kemacetan di ruas jalan Kabupaten Gowa.

Pasalnya, saat ini dengan pesatnya pertumbuhan penduduk serta pesatnya arus distribusi barang dan jasa. Sehingga arus lalu lintas jalan di Kabupaten Gowa menjadi padat.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Gowa Beri Penghargaan Pemuda Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional

“Ketimpangan inilah serta kemacetan yang semakin meningkat setiap harinya. Sehingga kami melakukan pengkajian dan penelitian di bidang perhubungan melalui metode-metode ilmiah dan dapat-dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Salam mengatakan penelitian atau pengkajian ini juga menitikberatkan kepada urgensi koordinasi antar instansi dalam lingkup Pemerintah Kab. Gowa yang bersinggungan langsung dengan kebijakan perhubungan maupun antar instansi terkait. Agar tidak ada kewenangan yang saling mendahului dan mengedepankan ego sectoral.

“Hasil penelitian ini,diharapkan pemerintah daerah dalam hal ini dinas perhubungan untuk dapat mengambil kebijakan. Terutama dalam mengatasi permasalahan kemacetan di Kabupaten Gowa,” ujarnya. (VH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com