MetroNews

Puluhan UMKM Dan Organisasi Masyarakat Sipil Ramaikan Festival OMS 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.IDMendorong untuk semakin menegaskan fungsi dan peran Organisasi Masyarakat Sipil serta memperkuat Kolaborasi Stakholders untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Makassar.

Beberapa OMS di kota Makassar menggelar “FESTIVAL ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL KOTA MAKASSAR 2023. Dengan tema ā€˜ā€™Memperkuat Kolaborasi Stakholders untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Makassar” bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar Selasa (25/7/2023).

Ketua Panitia, Abdul Rahman mengatakan jika Kegiatan Festival OMS 2023 merupakan sebuah kegiatan kolaborasi pertama antara pemerintah dan para pihak .

“Kegiatan ini bertujuan,mempromosikan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan serta kontribusi OMS di level kota Makassar terutama dalam hal akuntabilitas kelembagaan, program-program utama, serta hasil dan dampak kerja OMS di Kota Makassar,” ujarnya.

Baca Juga : Ini Daftar Korban Kecelakaan Kapal Penyeberangan Buton Sultra

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa Memperkuat kolaborasi para pihak dengan berjejaring antarOMS dan pelaku pembangunan lainnya, Pemerintah daerah, sektor swasta, universitas, media, dan lainnya di tingkat kabupaten/kota dan Meningkatkan legitimasi dan relevansi OMS di mata mitra utama mereka, Pemerintah Daerah, sektor swasta, universitas lokal, media, penerima manfaat.

Kegiatan Festival OMS memiliki beberapa rangkaian kegiatan antara lain; Diskusi Publik secara Online kerjsama dengan LSKP Sulawesi Selatan yang mengangkat tema Mengawal Pemilu 2024 yang Inklusi dan berintegritas.

Talkshow radio di RRI dan RAS FM yang mengangkat Tema Peran stakeholder dalam menciptakan Keberagaman dan inklusi sosial di Kota Makassar, ada Pameran UMKN dan Praktik dan pembelajaran OMS, Donor Darah Kerjasama PMI, Talkshow Kolaboratif yang menghadirikan para Pihak, Pemerintah, Philantropi dan OMS dengan tema Mempekuat Kolaborasi Stakeholders untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Makassar dan besok 26 Juli 2023 akan dilakukan ada Diskusi Menarik (Berbinar) yang akan dilakukan pada Rabu, 26 Juli 2023 merupakan Kerjasama antara dua Program yakni USAID MADANI dan AIPJ2 .

Baca Juga : Kecelakaan Kapal Penyeberangan di Sultra, 15 Orang Tewas dan 19 Hilang

Menurut FC Makassar, Salma Tadjang Peserta kegiatan melibatkan peserta Utama yakni peserta yang mengikuti pameran dan peserta undangan yang terdiri dari Pemerintah, Swasta/Philantropi, ORganisasi masyarakat sipil (OMS), kelompok anak muda, Perguruan Tinggi, Media dan masyarakat pelaku UMKN serta masyarakat lainnya seperti Forum pemuda Kelurahan inklusi dan shelter warga, target undangan 200 orang. Kegiatan ini sendiri terselenggara atas dukungan dari USAID,Kemenkuham,Fhi360,Pemkot, ICJ dan Forum Barani.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Festival OMS ini, pendukung utama kami adalah pemrintah Kota Makassar, Philatropi /Baznas, RAS FM, RRI, LSKP, teman- teman penggiat UMKN dan seluruh organisasi masyarakat sipil yang berpartisipasi baik sebagai peserta yang memamerkan praktik baik dan pembelajarannya maupun yang peserta undangan. Harapan kami, semoga kolaborasi ini dapat dilanjutkan sehingga suara dan kemampuan masyarakat makin meningkat sehingga dapat memperkuat dan keberlanjutan pembangunan Kota Makassar,” ujar Salma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button