HiburanKesehatanMetroNews

Aksi Tanam 70.000 Pohon PT Bumi Karsa Bersama Yayasan Hadji Kalla

Dengan Tema Agroforestry Tombolo Demi Lestarikan Hutan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Konsisten Jalankan Program CSR Berkelanjutan, PT Bumi Karsa bersama Yayasan Hadji Kalla Lakukan Aksi Hijau Tanam 70.000 Pohon.

PT Bumi Karsa dan Yayasan Hadji Kalla melalui program Corporate Social Responsibility, mengusung dan melaksanakan program yang di namai dengan Agroforestry Tombolo.

Program Agroforestry Tombolo merupakan penanaman pohon yang di kombinasikan dengan tanaman pertanian jangka pendek berupa tanaman hortikultura (tanaman sayuran).

Wilayah yang menjadi sasaran pelaksanaan program Agroforestry Tombolo merupakan wilayah yang berada di sekitar loaksi usaha PT Tombolo Energi. Perlu di ketahui bersama, PT. Tombolo Energi merupakan unit usaha yang di miliki PT Bumi Karsa yang bergerak di bidang usaha pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Baca Juga : KPID Anjurkan Masyarakat Sulsel Segera Beli STB Sebelum ASO

Dalam sambutannya, Zumadi SM Anwar selaku Kalla Development & Construction Director menyampaikan, program ini merupakan kerja sama antara pemerintak Kabupaten Gowa serta masyarakat Tombolo dengan PT Bumi Karsa dan Yayasan Hadji Kalla. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2019 dan menyasar 5 desa dan kelurahan di kecamatan Tombolo Pao, di antaranya desa Pao, desa Tonasa, desa Erelembang, desa Kanreapia dan kelurahan Tamaona.

Penanaman pohon yang berlangsung di tahun 2022 ini, sesuai dengan usia 70 tahun KALLA kita menanam 70.000 yang tersebar di beberapa daerah. Di mana penanaman pohon terbanyak berada di Tombolo yakni sebanyak 33.000 pohon.

Di samping itu, selain penanaman pohon. Berlangsung pula program pembangunan jalan sepanjang 417 meter dalam pembangunan desa wisata air terjun Bantimurung Gallang.

“Jadi selama 4 tahun terakhir, kami telah melakukan penanaman pohon 108.000 pohon di Tombolo Pao dengan area 2830 hektar. Semoga program yang kami laksanakan ini bermanfaat bagi kita semua, terlebih untuk anak cucu kita. Selain itu, bermanfaat bagi kelestarian lingkungan kita”, tambahnya.

Sementara itu, Abdullah Sirajuddin M.Si selaku Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Gowa. Menuturkan, Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Gowa sangat merespon dengan baik PT Bumi Karsa dan Yayasan Hadji Kalla lakukan melalui program penanaman pohon. Kami berharap melalui penanaman pohon, PT Bumi Karsa bersama Yayasan Hadji Kalla juga ikut mendukung seperti visi misi Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Kejari Makassar Tangkap Andry Yusuf Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pasar Butung

Kita sangat bersyukur KALLA melaksanakan kegiatan seperti ini. Kami berharap masyarakat sekitar dapat menjaga apa yang telah di lakukan oleh PT Bumi Karsa serta Yayasan Hadji Kalla. Kami mewakili pemerintah Kabupaten Gowa mengucapkan terima kasih atas program yang telah di usung dan di laksanakan sejak tahun 2019.

Sebanyak 70.000 penanaman pohon yang di laksanakan. Di mana secara simbolis penanaman di lakukan oleh Zumadi SM Anwar dan Abdullah Sirajuddin Ms.i dan di lanjutkan bersama-sama oleh karyawan KALLA. Turut hadir sebagai volunter, Sabtu (5/11/2022), Desa Pao, Kec Tombolo Pao, Gowa.

Dalam program Agroforestry Tombolo memiliki tujuan untuk melakukan penghijauan terhadap lahan gundul, lahan gersang sebagai akibat dari aktivitas budidaya pertanian. Selain itu, pada lahan milik masyarakat ataupun pada lahan hutan. Sehingga memiliki fungsi ekonomi dan fungsi ekologis seperti ketersediaan air tanah, tidak terjadi longsor pada musim hujan dan tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com