MetroNewsNusantaraSulsel

KPID Anjurkan Masyarakat Sulsel Segera Beli STB Sebelum ASO

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah melalui Kominfo telah resmi menghentikan siaran TV analog untuk berbagai daerah, 2 November 2022 lalu. Pasca penerapan Analog Switch Off (ASO), harga Set Top Box atau STB naik hingga 100 persen.

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan meminta Masyarakat untuk beralih ke saluran TV digital. Hal tersebut tentu memberikan dampak positif, karena kualitas gambar akan semakin jernih.

Ketua KPID Sulawesi Selatan, Muhammad Hasrul Hasan nengatakan agar dapat beralih ke saluran TV digital, masyarakat dapat memasang STB. Dekoder set top box atau sering-disebut STB merupakan alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara.

Baca Juga: Guru Besar UKI Paulus, Raih Penghargaan KPID Award Sulawesi Selatan

Dengan begitu TV analog tetap dapat menangkap sinyal yang-dipancarkan secara digital dan menampilkannya ke layar kaca.

“Kita berharap Masyarakat Kota Makassar dan Sulsel pada umumnya yang dapat menerima siaran televisi teresterial menggunakan antena luar untuk segera beralih ke siaran digital. Untuk masyarakat yang masih menggunakan televisi analog bisa membeli secara mandiri-STB di toko-toko elektronik secara mandiri,” ujar Hasrul, Minggu (6/11).

Hasrul menambahkan, meski saat ini Sulsel belum termasuk daerah yang analognya-dimatikan total, mantan jurnalis televisi ini menganjurkan masyarakat untuk segera membeli-STB. Karena katanya, berkaca pada daerah Jabodetabek, harga STB naik hingga 100 persen.

Baca Juga: Bupati Adnan Raih Penghargaan Kepala Daerah Peduli LPPL dari KPID Sulsel

“Saat ini siaran di sulsel masih simulcast, atau siaran analog masih bisa diakaes selain TVRI Sulsel yang sudah mematikan siaran analognya. Namun, kami sarankan untuk masyarakat yang tidak terdaftat sebagai penerima bantuan-STB sesuai data DTKS Kemensos, untuk segera membeli STB secara mandiri. Karena dua hari terakhir kami lihat di Jabodetabek harga STB naiknya sangat drastis ” ujar Hasrul.

Kendati demikian KPID Sulsel menghimbau masyarakat untuk tidak panik. Karena saat ini, stok STB masih tersedia di toko-toko elektronik dengan kisaran harga 150 hingga 250 ribu. Selain itu, juga tersedia market place bagi yang ingin membeli secara online.

Namun masyarakat harus memastikan perangkat STB yang dibeli ada tulisan DVB-T2 dan bergambar modi serta tersertifikasi kementerian Kominfo. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com