NewsSulsel

Dukung Program Budidaya Pisang Cavendish, LLDIKTI Sultanbatara Lakukan Penanaman Perdana di Lahan Unibos

GOWA, NEWSURBAN.ID – Penanaman pisang cavendish perdana oleh seluruh perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam LLDIKTI Wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara) dilakukan secara simbolis di Kebun Pendidikan Integrated Farming System Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos) di Palangga, Kabupaten Gowa, Sabtu, 9 Desember 2023.

Dukungan Gerakan Budidaya Pisang oleh perguruan tinggi swasta tersebut dilaksanakan di lahan seluas 26 hektar yang juga ditanami 24 jenis tanaman lainnya yang merupakan laboratorium dari kampus tersebut.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengapresiasi penanaman ini sebagai bentuk aplikasi keilmuan dan praktek pertanian di dunia kampus dan bentuk kontribusi pada masyarakat.

Baca Juga: Sulsel Provinsi Pertama Lakukan Sosialisasi Penatausahaan Keuangan Daerah Via SIPD-RI Kemendagri

Ia mengajak perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas budidaya dari komoditi ini. Termasuk untuk mengurangi resiko hama dan faktor lainnya agar budidaya ini sukses, sehingga lahan perguruan tinggi dapat menjadi laboratorium pembelajaran.

“Perguruan tinggi kita ajak, dan komoditi ini juga dapat memberikan penghasilan untuk perguruan tinggi. Sehingga lahan yang-dimiliki dapat produktif, ketimbang dia menjadi lahan kosong,” kata Bahtiar.

Founder Bosowa, HM Aksa Mahmud, menilai, program budidaya pisang ini sebagai gerakan yang luar biasa dan-diharapkan Sulsel akan berperan dalam ekspor komoditas ini. Ia mendukung Sulsel menjadi provinsi penghasil pisang terbesar di Indonesia, bahkan pengekspor terbesar dunia.

Baca Juga: Rakor Pendidikan Tingkat Sulsel, Jumlah SMK dan SLB Perlu-Ditingkatkan

Aksa Mahmud juga mendukung ketahanan pangan Sulsel melalui produksi hortikultura lainnya. Seperti durian Musang King, alpukat dan buah asli Indonesia.

“Bersama seluruh pengelola negeri ini, mari kita bersama bahu membahu, bagaimana membangun negeri ini. Sehingga negeri kita akan menjadi negara pertanian. Di mana dunia saat ini krisis pertanian, mari kita isi, dan penanaman ini menjadi contoh,” sebutnya.

Adapun Rektor Universitas Bosowa, Batara Surya, mengatakan, Unibos sebagai universitas pilot untuk percontohan penanaman perdana pisang cavendish untuk universitas swasta.

Baca Juga: Pj Ketua TP PKK Sulsel Kunjungi Posyandu dan Tanam Cabai di Kelurahan Macanang

“Hari ini kita tunjukan kolaborasi antara pemerintah dengan dunia pendidikan, mudah-mudahan akan memberikan manfaat yang besar terutama masyarakat sekitarnya. Lokasi ini adalah laboratorium bagi Universitas Bosowa,” paparnya.

Mahasiswi Jurusan Agro Teknologi, Angelica Melan, yang ikut penanaman dan mendengarkan penjelasan Pj Gubernur, mengakui wawasan kemudian terbuka lebih luas.

“Senang sekali ambil bagian dari penanaman ini. Bapak Gubernur juga memotivasi untuk menjadi petani milenial dan pebisnis ke depannya. Semoga ke depannya saya bisa menanam pisang, membuka lapangan pekerjaan dan membantu ekonomi masyarakat,” imbuhnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button