NewsNusantaraSulsel

Adnan Sebut Relawan Sibat PMI Gowa Akan Mampu Penuhi Kebutuhan Darah

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan menyambut baik relawan Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) yang akan dibentuk oleh PMI Kabupaten Gowa.

Dia menyebutkan keberadaan relawan ini akan sangat membantu Program PMI khususnya dalam ketersediaan darah terutama di Kabupaten Gowa. Karena itu, Adnan meminta agar relawan Sibat ini dirutinkan untuk melakukan donor darah.

“Saya minta relawan yang akan di lantik ini rutin setiap dua bulan setengah melakukan donor darah. Sehingga stok darah tidak pernah kosong dan itu akan membantu masyarakat kita yang membutuhkan darah,” ujar Adnan saar membuka Rapat Kerja PMI Kabupaten Gowa Tahun 2022 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (9/11).

Baca Juga: Lewat Musda IPHI Gowa, Adnan Dorong Program Kolaborasi di Bidang Keagamaan

Adnan juga meminta Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf agar Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Gowa dapat difungsikan. Nantinya UTD ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Gowa rutin melaksanakan donor darah.

“Jadi saya minta Direktur Rumah Sakit bersama Ketua PMI Kabupaten Gowa bekerjasama untuk pengelolaan UTD ini, supaya stok darah kita bisa terjaga dengan baik,” harapnya.

Dia juga menyebutkan beberapa manfaat yang di peroleh dari donor donor darah yaitu dapat membantu dan menolong orang lain. Baik, yang di kenal maupun yang tidak di kenal. Kemudian darah yang di donorkan kepada orang lain tentu ini akan bernilai pahala di sisi Allah SWT.

Baca Juga: Atlet Bulutangkis Asal Gowa Torehkan Prestasi Tingkat Kejuaraan Dunia di Spanyol

“Manfaat lain adalah orang yang rutin donor darah Insya Allah akan memiliki tubuh yang sehat. Karena 300 cc darah yang di ambil dalam tubuh kita akan di gantikan dengan sel-sel darah baru,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni selaku Ketua PMI Kabupaten Gowa menyebutkan bahwa perekrutan relawan Sibat ini merupakan salah satu program PMI Kabupaten Gowa. Dia menyebutkan jumlah relawan yang akan direkrut sebanyak 25 per desa dan kelurahan.

“Sehingga relawan Sibat yang akan kita rekrut sebanyak 4.175 orang. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana melaksanakan tanggap darurat bencana di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga: Lomba Menyanyi Lagu Daerah Antar Pejabat Pemkab Gowa Meriahkan HJG ke-702

Selain itu, Abd Rauf juga menyebutkan bahwa relawan Sibat ini di harapkan akan menjadi pendonor darah tetap. Relawan yang akan-direkrtut ini yang memiliki usia di bawah 40 tahun.

“Sehingga jumlah pendonor akan semakin meningkat dan ketersediaan darah dapat tetap terjaga di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, dia juga menyampaikan kepada Ketua PMI Sulsel bahwa pengurus PMI Kecamatan di seluruh Kab. Gowa sudah terbentuk dan di lantik secara langsung di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Pemkab Gowa Tanam 70.200 Pohon di Lokasi Hutan Kritis

“Kegiatan berlangsung sangat meriah dan di saksikan langsung oleh ribuan masyarakat. Ini menandakan bahwa PMI semakin di kenal luas dan di cintai masyarakat khususnya di Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Raker ini turut di hadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa Selaku Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Gowa, Kamsina. Juga, jajaran Pengurus PMI Kabupaten Gowa, Para Pimpinan SKPD, Camat dan seluruh Pengurus PMI Kecamatan Se-Kabupaten Gowa. (JN/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com