MetroNewsNusantara

One On One Meeting MIF 2022, Inggris-Makassar Bahas Potensi Sister City

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kepemimpinan Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) sebagai wali kota membuat Makassar kian di kenal dunia. Inggris salah satunya yang tertarik mengembangkan sister city Inggris-Makassar.

Tak sedikit negara yang tertarik menjajaki kerja sama sister city dengan Kota Makassar seperti yang selama ini terjalin dengan Kota Gold Coast Australia. Inggris salah satunya.

Potensi kerja sama sister city Inggris-Makassar terungkap usai Erlin Puspitasari East Java Regional Manager Kedubes Inggris melakukan one on one meeting bersama Wali Kota Makassar Danny Pomanto, di Hotel Four Point by Sheraton, Selasa (8/11/2022) kemarin.

Baca Juga: Korsel Lirik LRT Kota Makassar di MIF 2022

Pertemuan terbatas itu merupakan rangkaian dari kegiatan Makassar Invesment Forum (MIF) 2022. Yang melibatkan 64 kota se-Indonesia dan delegasi dari delapan negara.

“Dalam pertemuan tersebut kita membicarakan tentang potensi sister city antara Makassar dengan kota di Inggris,” kata Erlin Puspitasari.

Guna untuk mewujudkan sister city antara Makassar dengan salah satu kota di Inggris, pihaknya akan melakukan research. Dan berdiskusi bersama dengan Pemerintah Inggris menyamakan karakter kedua kota tersebut.

Baca Juga: Tak Hanya Wali Kota, Danny Pomanto Juga Undang Bupati se-Sulawesi Ikuti MIF 2022

“Kita belum tentukan karena sister city (Inggris-Makassar) itu harus ada karakter di antara kedua kota yang sama. Misalnya Surabaya-Liverpool itu karakternya sama-sama kota olahraga. Makanya saya harus research dulu Kota Makassar karakternya seperti apa dan kota mana di Inggris yang cocok-disandingkan dengan Makassar,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Erlin Puspitasari juga membawa delegasi investor dari Inggris yang bergerak di bidang renewable energy. Sebab selain sister city, ada beberapa program dari Inggris untuk Kota Makassar.

“Kemudian juga membahas rencana kerja sama di bidang ekonomi, khusus bidang investasi terutama investasi publik transport, ada MRT, LRT, Sustainable Infrastructure, hingg Green Energy,” ujarnya.

Baca Juga: Lewat MIF, Makassar-Australia Mulai Jajaki Peluang Bisnis Rumput Laut

Pada kesempatan tersebut, Kedubes Inggris juga mengundang Wali Kota Makassar Danny Pomanto untuk melihat secara langsung potensi kerja sama antara Makassar dan Inggris.

“Kita juga mengundang pak wali kota untuk datang ke Inggris melihat secara langsung development di Inggris serta apa yang bisa-disinergikan antara Inggris-Makassar,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik undangan dari Kedutaan Besar Inggris.

“Inggris tadi secara langsung undang saya untuk jalan-jalan ke sana, tapi saya sampaikan tahun ini saya agak sibuk jadi saya minta tahun depan,” ucap Danny Pomanto.

Baca Juga: Perwakilan Empat Negara Bahas Peningkatan Industri Maritim dan Percepatan Infrastruktur Sulawesi di MIF 2022

Ia juga menyerahkan sepenuhnya kepada Kedubes Inggris terkait potensi kerja sama sister city antara Makassar dengan salah satu kota di Inggris.

“Biarkan mereka yang pilih karena kita paham karakter di sini, tapi kita tidak paham di sana,” tutupnya.

Turut mendampingi dalam pertemuan itu, Kepala Bagian Kerja Sama Ismawaty Nur, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Firman Pagarra.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Zulkifli Nanda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aryati Puspasari Abadi, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Evi Aprialty. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com