NewsNusantaraSulsel

Bibit Unggul Diserahkan, Bupati Andi Utta Harap Produksi Petani di Dampang dan Gantarang Meningkat

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Petani di dua desa di Bulukumba menerima bibit unggul dari Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta). Bupati Andi Utta menyerahkan bibit tersebut secara simbolis bibit ke petani di Desa Dampang dan Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang, Selasa, 15 Oktober 2022. Penyaluran bibit itu, merupakan program Ketahanan Pangan Dana Desa Tahun 2022.

Andi Utta menuturkan, program bantuan bibit unggul ke masyarakat sangat beralasan. Sebab, Bulukumba punya wilayah potensial dengan tanahnya yang subur.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Hadiri Sarasehan Petani Millenial ke-2

“Program ini, inovasi saya. Bahkan sejak sosialisasi di Pilkada kemarin, saya sudah sampaikan jika-diamanahkan oleh rakyat. Kenapa? Karena lahan kita luas, tapi nilai jual rendah. Di luar negeri seperti Thailand dan Vietnam, petaninya kaya. Mengapa kita tidak? Petani Bulukumba juga harus kaya,” ujarnya.

Dengan demikian, Andi Utta menyebut pentingnya reformasi pertanian. Apalagi, masyarakat Bulukumba yang mayoritas petani, sehingga sektor inilah yang harus dipacu.

“Nilai jual yang rendah karena kualitas tanaman. Kalau mangganya kecut, harganya juga tetap kecut. Ini yang di ubah. Makanya perlu reformasi pertanian demi meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman kita,” jelasnya.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Serahkan Bantuan Keramba Rumput Laut

Bupati berlatar pengusaha ini, benar-benar menginginkan kesejahteraan petani di Bulukumba. Dengan ekonomi yang baik, katanya, akan berdampak ke semua sektor kehidupan. Termasuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Saudaraku semua, jangan diam. Jangan pasrah. Kita di berikan kekuatan untuk berusaha. Maka kita harus berusaha secara maksimal,” kata Andi Utta.

Menurutnya dengan harga bibit unggul yang tergolong mahal, akan sulit-dijangkau oleh petani. Sehingga,dibutuhkan kehadiran pemerintah untuk memberikan bantuan bibit unggul gratis.

“Petani kita sangat sulit untuk beli bibit unggul. Di sinilah peran pemerintah harus hadir. Jangan jadi penonton. Dengan bibit unggul, kita harap ke depan, Bulukumba jadi sentra buah. Jadi, tolong kita jaga dan rawat baik-baik bibitnya,” jelasnya.

Baca Juga: Bupati Andi Utta dan Prof JJ Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Unhas di Bulukumba

Kepala Desa Dampang, Muhardi menjelaskan dasar penyaluran ketahanan pangan adalah Peraturan Presiden (Perpres) yang mengharuskan anggaran 20 persen.

Kemudian, katanya, Surat Edaran Bupati yang memprioritaskan bibit unggul bersertifikat yang bersumber dari dana desa.

“Yang kita salurkan hari ini bibit Durian Musang King dan Nangka Madu, masing-masing 390 pohon. Terus bibit padi 408 bungkus, dalam satu bungkus itu ada 5 kilogram, serta pupuk Agrodike 730 kilogram,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Produk Sayuran, Bupati Andi Utta Launching Si Petarung Emas

Sementara, Kepala Desa Benteng Gantarang Muhammad Asbar mengatakan bahwa bibit yang-dibagikan di desanya hanya satu jenis, yaitu Durian Musang King.

“Jumlah keseluruhan bibit yang dibagikan 1.210 pohon. Bantuan yang-diberikan ini berbasi KK (Kartu Keluarga),” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com