NewsPariwisataSulsel

Gala Dinner Bersama PJ Gubernur Warnai Malam Puncak Festival Pinisi Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Malam puncak Festival Pinisi XIII Bulukumba, berlangsung meriah di Pantai Tanjung Bira, Jumat malam, 27 Oktober 2023. Berbagai hiburan ditampilkan, gala dinner hingga bakar ikan bersama, mewarnai even yang dihelat setiap tahun tersebut.

Malam puncak sekaligus penutupan Festival Pinisi XIII 2023 Bulukumba, dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin. Ia datang di dampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan, Hj Sofha Marwah Bahtiar serta sejumlah kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kalau pak Bupati Bulukumba mengundang, kami harus datang. Ini juga kita datang full tim ke Bulukumba,” ungkap Pj Gubernur Bahtiar.

Baca Juga: Tanam Pisang di Sinjai, Pj Gubernur Bahtiar: Rupanya Bupati Bulukumba Jadi Investor di Sinjai

Selain rombongan Pemprov Sulsel, juga tampak hadir DPRD Provinsi Sulsel Isnayani, Wakil Bupati Bulukumba, Bupati dan Ketua TP PKK Wajo, serta Pj Bupati dan Pj Ketua TP PKK Bantaeng.

Selanjutnya hadir unsur Forkopimda Bulukumba, Kepala OJK regional 6, Kepala Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Sekda dan Ketua DWP Bulukumba, Wakil Direktur III Politeknik Pariwisata Makassar mewakili Kemenparekraf, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Bulukumba, pimpinan OPD lingkup Pemkab Bulukumba, Camat, Kades dan Lurah di Bulukumba.

Bahtiar Baharuddin di awal sambutannya, memuji peran pemerintah daerah Bulukumba dalam memberikan hiburan ke masyarakat.

“Luar biasa Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, dan seluruh masyarakat Bulukumba. Malam ini, pemerintah daerah Bulukumba telah menghibur kita semua, telah membahagiakan kita semua,” ujarnya.

Baca Juga: Hadiri HKG PKK ke-51 di Bulukumba, Sofha Marwah Ingatkan Peran Sebagai Mitra Pemerintah

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini, berpendapat bahwa Festival Pinisi sebagai momentum paling tepat untuk mempromosikan potensi alam Bulukumba yang begitu luar biasa.

“Saya kira ke depan, Bira Bulukumba dan Takabonerate Selayar harus kita perjuangkan bersama. Kita angkat jadi suatu kawasan objek pariwisata nasional,” jelas Bahtiar Baharuddin.

Kehadirannya di Bulukumba kata Bahtiar tidak hanya terkait Festival Pinisi, tapi juga beberapa sektor unggulan lainnya di Kabupaten Bulukumba di koordinasikan secara bersama-sama untuk di kembangkan.

“Jika di daerah-daerah seperti Bulukumba maju, maka itu juga berefek pada kemajuan Provinsi Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

Baca Juga: Bupati Bulukumba Ingatkan Penanganan Stunting pada Lomba HKG PKK

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan terima kasih sekaligus kehormatan atas kedatangan Pj Gubernur Sulsel dan beberapa kepala daerah.

“Saya juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan Festival Pinisi XIII tahun 2023 ini,” imbuhnya.

Di malam puncak Festival Pinisi ini, juga di helat penyerahan tropi, medali. Dan uang pembinaan bagi pemenang lomba mancing, pabbetaeng lopi, fotografi, videografi sampai pembuatan souvenir miniatur pinisi.

Menarik pada malam puncak ini, juga ada penyerahan Penghargaan Lifetime Achievement Maestro Pinisi kepada beberapa tokoh yang terkait budaya pembuatan Pinisi, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Tokoh yang sudah meninggal misalnya budayawan dan penulis buku Pinisi yang penghargaannya di terima oleh anaknya Rakhmat Riswan.

Tak hanya itu, istri dari Gubernur Sulsel Hj Sofha Marwah Bahtiar tampil menyanyikan lagu di atas panggung. Kemudian di ikuti oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dengan lagu yang menghibur. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button