NewsSulsel

Pastikan Rutan Makale Kondusif

TORAJA, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel), Liberti Sitinjak lakukan inspeksi di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Makale (Rutan Makale), Selasa (24/1).

Inspeksi ini, untuk memastikan Rutan Makale dalam kondisi kondusif, aman dan terkendali.

Menggunakan pesawat wings air, Kakanwil bersama Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayuningsih dan Plt. Kabag PH, Fajrin tiba di Tana Toraja pukul 09.00 Wita dan langsung menuju Rutan Makale.

Sesampainya di Rutan, Karutan Luther menerima rombongan Kakanwil di ruang kerjanya.

Baca Juga: Danny Pomanto Jamu Masyarakat Toraja Se-Indonesia

Sambil berbincang santai, Karutan Makale melaporkan kondisi terkini Rutan dengan 145 orang Warga Binaan Pemasyarakatan dalam keadaan aman terkendali, Pelayanan dan pembinaan berjalan baik. Adapun dari sisi penyerapan anggaran target triwulan pertama sebesar 37 persen, menurut Karutan akan dapat terealisasi.

Kakanwil yang menerima laporan Karutan Makale memberikan Apresiasi atas kinerja yang baik dari Jajaran Rutan Makale.

“Karutan dan Jajarannya harus bisa mengoptimalkan kinerja, baik dari sisi anggaran, Pelaksanaan tusi maupun Pelayanan kepada WBP,” terang Kakanwil

Baca Juga: Pemprov Beri Bantuan Keuangan Subsidi Penerbangan Toraja-Balikpapan, Menhub Apresiasi Gubernur Sulsel

Selanjutnya, Liberti Sitinjak di temani Karutan berkeliling melihat blok hunian WBP, dapur Rutan dan Kondisi sarana dan prasarana untuk Pelayanan publik.

“Dengan hunian saat ini, memang telah overcrowded, namun masih dalam kondisi yang baik, dapurnya juga steril dan bersih. Kebersihan lingkungan hunian juga sangat baik hanya Perlu beberapa penataan dalam kamar blok agar tidak terlihat kumuh,” imbuh Kakanwil.

Terkait sarana dan prasarana layanan publik, menurut Liberti Sitinjak keadaanya sudah baik namun masih Perlu penambahan Fasilitas.

Lebih jauh Kakanwil meminta Karutan Makale untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder internal maupun eksternal dalam hal Pelaksanaan Pelayanan publik dan pembinaan bagi WBP.

Baca Juga: Tolak Putusan PN Makale, Demonstran: Bisa Kamu Ambil Tapi Darah Harus Menetes!

“Kerjasama dengan pihak eksternal akan memberikan dampak yang positif bagi WBP khususnya dalam pembentukan mental spiritual dan pemberian skill dan pengetahuan yang berguna saat mereka bebas,” ujar Kakanwil.

Merespons arahan Kakanwil, Karutan Makale bersama Jajarannya akan terus meningkatkan kinerja agar dapat mengangkat nama baik Kanwil Kemenkumham Sulsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button