NewsNusantaraPendidikanSulawesiSulsel
Trending

Kantongi Izin, ITB-Arung Palakka Siap Terima Mahasiswa

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Institute Teknologi dan Bisnis (ITB-Arung Palakka) Kabupaten Bone menerima SK izin pendirian kampus di Kabupaten Bone dari Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi dengan No. SK I 19/E/O/2022 pada Senin (14/3), di Kantor L2DIKTI Wilayah IX Makassar.

Institut Teknologi dan Bisnis pertama yang berdiri di bumi Arung Palakka Kab. Bone tersebut bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Arung Palakka atas inisiasi beberapa putra putri asli yang berasal dari Bone di bawah pimpinan Ketua Yayasan Dr. Rabiatul Adawiyah, M.Pd.

ITB-Arung Palakka adalah kampus pertama di kabupaten bone yang menghadirkan tiga jurusan. Yang mengkolaborasikan antara teknologi, bisnis dan pembangunan karakter (mental building) bagi generasi muda. Dalam menyongsong bonus demografi 2030, era disrupsi sebagai dampak revolusi industry 4.0 dan smart society 5.0.

Meski baru ada 3 jurusan dan baru mendapat ijin yaitu Bisnis Digital, Kewirausahaan, dan Teknik Geologi, ITB-Arung Palakka memiliki visi besar dalam melahirkan SDM Indonesia di Kawasan Timur. Yang memiliki keterampilan dasar teknologi digital, mindset dan pola pikir kreatif. Sehingga, melahirkan lulusan yang memahami problem solving, kolaboratif, berpikir kritis dan kemampuan berkreativitas.

Ikon Baru Bone

Rabiatul Adawiyah selaku ketua Yayasan mengungkapkan bahwa kampus ITB-Arung Palakka ini, di harapkan menjadi icon baru bagi Kab. Bone dan Sulawesi Selatan pada umumnya dalam melahirkan Sumber Daya Manusia yang andal, unggul, berkarakter tanpa tercerabut dari nilai-nilai kearifan lokal sebagai sebuah kekayaan bangsa dan karakter bangsa.

“Era Society 5.0 mensyaratkan tiga kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu khususnya lulusan mahasiswa, yaitu creativity, critical thingking, communication dan collaboration, namun tanpa pembangunan karakter maka akan merapuhkan sendi sendi Sumber Daya manusia, olehnya kami mengusung visi besar dalam menkolaborasikan itu semua dalam mutu kampus ini, kami butuh support dan doa doata agar kampus ini betul betul bisa menjadi kebanggaan kita semua “ungkapnya

Sementara itu, Kepala L2DIKTI Wilayah IX Sulawesi Selatan Drs. Andi Lukman, M.Si yang menyerahkan langsung SK Izin pendirian kampus tersebut mengharapkan amanah yang diberikan negara kepada kampus yang membawa ikon nama agung dan nama besar Arung Palakka tersebut dapat dijaga dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan manusia di kabupaten Bone dan Sulawesi Selatan.

“Semoga semua proses yang menyertai pendirian kampus ini bisa berjalan dengan baik, kami di L2DIKTI Wilayah IX tentu senantiasa selalu siap berkolaborasi. Saya yakin tanggungjawab besar ini bisa dilasanakan dengan baik, kampus merdeka dan merdeka belajar adalah sebuah mindset yang mampu diadaptasi dengan cepat oleh para SDM kampus hari ini yang berasal dari generasi muda dan kreatif” tegasnnya.

Penyerahan SK tersebut, di hadiri sebagian besar SDM, Dosen dan pejabat Kampus ITB-AP. Seperti Dr. Ir Andi Ilham Samalangi, ST. MT, Dr. H. Anwar, Herwanita M. I. Kom; Juga mantan Komisioner KPID Sulsel dan Rektor Unifa Dr. Mulyadi Hamid, Rektor STIMIK AKBA Dr. Askar Taliang dan beberapa kolega dari Kampus Kampus yang ada di Makassar. (mk/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button