NewsSulsel

Bupati Gowa Nilai Program TNI-AD Manunggal Bantu Ketersediaan Air Bersih Warga di Desa Nirannuang

# Dua Dusun Jadi Penerima Manfaat

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengapresiasi Program TNI-AD Manunggal Air yang-diimplementasikan oleh Divisi 3 Kostrad dalam bentuk pengadaan air bersih bagi masyarakat di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang menghadiri peresmian tersebut mengatakan, program TNI-AD Manunggal Air ini, konkret untuk masyarakat di Gowa.

Pasalnya dengan luas dan jumlah penduduk terbesar ketiga di Sulawesi Selatan, diakui pemerintah daerah tidak akan bisa jalan sendiri. Sehingga butuh kerjasama seluruh pihak, khususnya dalam menfasilitasi ketersediaan air bersih bagi masyarakatnya. Terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah pelosok.

“Pemkab Gowa tentu bangga dan berterimakasih karena program ini sangat bermanfaat baik masyarakat kita. Wilayah kita ini memiliki dataran tinggi dan dataran rendah. Sehingga tidak bisa kita jangkau secara keseluruhan. Namun dengan kehadiran TNI-AD ini membantu masyarakat kita yang ada di pelosok dalam hal kebutuhan air bersih,” ungkapnya saat peresmian, Jum’at (17/2).

Baca Juga: Bupati Gowa Dorong MUI dan Kemenag Tindaklanjuti Pembinaan Pengikut Aliran Bab Kesucian

Kendati demikian, ia berharap program tersebut tidak berhenti sampai di situ. Tetapi juga menyasar sejumlah desa lain di Kabupaten Gowa dalam hal pengadaan air bersih.

“Wilayah Kabupaten Gowa bukan hanya ini yang butuh air. Namun kami berharap bisa berlanjut ke seluruh desa yang membutuhkan air. Insya Allah program ini akan kita replikasi juga di desa lain. Sehingga masyarakat atau wilayah kita bisa mendapatkan fasilitas air bersih seperti di Desa Nirannuang ini,” harap orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan, program ini, atas inisiasi Kasad TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdulrahman. Kemudian Divisi 3 Kostrad mengimplentasikan dengan maksud TNI berada di tengah rakyat untuk mengatasi kesulitan dan menjadi solusi.

“TNI AD Hadir di tengah masyarakat dan dekat dengan rakyat serta bisa menjadi solusi kesulitan rakyat. Program ini berupa pengadaan air bersih dan bisa masyaraat rasakan manfaatnnya. Khususnya di Desa Nirannuang kurang lebih 700 KK dan inilah bentuk sinergitas antara TNI AD dengan Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Siapkan Strategi Khusus Percepat Penanggulangan Kemiskinan

Kedepan kata Mayen TNI Novi, pihaknya akan terus melaksanakan program ini secara berkelanjutan, khususnya di titik kritis air bersih termasuk di Kabupaten Gowa maupun sejumlah daerah lain di Sulawesi Selatan.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Nirannuang, Arifin Bunga mengaku bersyukur atas adanya air bersih di desanya ini. Menurutnya dengan adanya program ini masyrakatnya yang terdiri kurang lebih 800 KK akan merasakan manfaatnya dan tidak jauh lagi mengambil air bersih khususnya saat musim kemarau nanti.

“Tentu bersyukur, karena selama ini masyarakat mengambil air bersih cukup jauh dan biasanya sudah tercemar. Kini kehadiran air bersih di dua titik yaitu di Dusun Tekko Tanru dan Dusun Moncongtana bisa melayani masyarakat kita,” sebutnya. (NH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button