NewsPemilu 2024Sulsel

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Ikut Coklit Pemilih untuk Pemilu 2024

GOWA, NEWSURBAN.ID Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima Tim Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dari Komisi Penyelenggaraan Umum (KPU) Kabupaten Gowa.

Kunjungan tersebut di lakukan dalam rangka melakukan coklit bersama istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan. Di Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (20/2).

Proses tersebut di lakukan langsung Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). Di dampingi Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Gowa Wasilah, dan Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh

Adnan mengatakan bahwa Coklit ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas, Puluhan DPRD Ikuti Bimtek SIPD Kota Palu

“Tahapan ini untuk mencocokkan data pemilih sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Lebih lanjut, Adnan mengatakan, Pemilu 2024 ini merupakan pemilihan presiden dan legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD provinsi, kabupaten/kota dan DPD. Kemudian beberapa bulan setelah itu di lakukan pemilihan kepala daerah di tahun yang sama sehingga beban tugas berat ini menanti pada 2024.

“Ini merupakan catatan sejarah baru karena baru kali ini pesta demokrasi di laksanakan di tahun yang sama,” ungkap Bupati Gowa dua periode ini.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini berharap pelaksanaan pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah berjalan aman dan damai di wilayah Kabupaten Gowa. Termasuk mempertahankan pencapaian Kabupaten Gowa yang sudah tidak masuk lagi dalam zona merah pelaksanaan Pemilu.

“Kita sudah melewati pelaksanaan Pemilu 2020 dengan sukses dan lancar, saya yakin dan percaya Pemilu yang akan datang pasti akan berjalan dengan baik, lancar sesuai harapan kita bersama. Kalau lah pelaksanaannya lebih baik di bandingkan 2020 itu akan menjadi prestasi, tetapi jika terjadi kekurangan di sana sini maka yakin dan percaya itu bukan menjadi sebuah prestasi,” tegasnya.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Muchtar Muis mengatakan bahwa proses Coklit ini merupakan salah satu dari tahapan Pemilu 2024 untuk pemutahiran data pemilih. Coklit di mulai sejak 12 Februari lalu dan akan berakhir pada 14 Maret 2023 mendatang.

“Di rumah jabatan Bupati Gowa ini ada dua pemilih yang kami data. Pak Bupati sendiri dan isterinya,” kata Muhtar Muis saat di konfirmasi.

Baca Juga : Media Harus Kritis, Mengontrol Kinerja Legislatif dan Eksekutif

Selain melibatkan petugas PPDP KPU Gowa, Coklit ini juga melibatkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Somba Opu dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan Tombolo.

Di tempat yang sama, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Gowa, Wasilah mengatakan bahwa sekarang ini data pemilih sudah masuk ke tahapan Coklit yang beririsan dengan tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) atau Dukungan Perseorangan Calon DPD.

“Jadi untuk Coklit, sekarang di lakukan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilihan (Pantarli) yang jumlahnya berkisar 2.119 orang untuk 2.019 TPS di Kabupaten Gowa. Yang di rencanakan untuk Pemilu 2024 nanti di semua desa dan kelurahan,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button