HiburanMetroNews

Social Creative Coffee Expo Hadir di Makassar 11-12 Maret 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID PT. Mayumi Cofreative Indonesia bakal menyelenggarakan Creative Coffee Expo di Trans Studio Mall (TSM) Makassar pada 11-12 Maret 2023 mendatang.

Event yang di hadiri 30 stan peserta dari praktisi kopi, seperti petani kopi, pengelola, pengusaha, barista, dan UMKM kopi bakal di hadiri Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

โ€Kegiatan Social Creative Coffee Expo ini akan melibatkan kolaborasi antara petani kopi dan barista. Dalam mengolah dan memasarkan kopi hasil produksi dari UKM kopi.”kata Event director PT Mayumi Cofreative Indonesia, Irsan di sela-sela Konferensi Pers di Ctrl+Cafe Coffee Jalan Andi Tonro, Rabu 8 Maret 2023.

Baca Juga : Dikira Sabu Ternyata Soda Api, Polres Palopo Bawa ke Lab Forensik Makassar Diperiksa

Bukan hanya pameran kopi dari petani, Social Creative Coffee Expo juga akan menghadirkan bincang kopi dengan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, kompetisi Makassar Barista Team Challenge (MBTC) berhadiah total Rp15 juta, MOU dengan Accor Group & Kalla Flgroup Coffee, Photo Gallery Coffee, Talkshow Deklarasi Asosiasi Kopi Asli, entertainment hingga launching brand Coffee Komandan.

Tidak hanya itu, bantuan KUR juga akan di berikan untuk petani kopi dari Kabupaten Enrekang dan Pinrang.

Selain itu kata Irsan, 11 petani kopi terbaik dari berbagai daerah di Sulawesi juga turut berpartisipasi seperti petani kopi dari Kabupaten Gowa Kampong Kopi Bawakaraeng, Kabupaten Sinjai Paniki, Kabupaten Soppeng Kopi Mattabulo, Kabupaten Pinrang Forest Kopi dan Suppirang Kopi, Kabupaten Maros Mallawa, Kabupaten Enrekang Garis Tengah Rosteri dan Petani Kopi, Toduri Coklat, Rapimbang Kopi, Kabupaten Toraja Arabika Toraja Kopi, serta dari Kabupaten Banteng Garumbang dan Kopi Labor.

Para peserta akan membawa bibit kopi, biji kopi yang masih hijau, dan kopi yang sudah di sangrai dalam bentuk produk. Peserta juga akan membawa alat seduh manual untuk meracik kopi di tempat kegiatan berlangsung.

โ€œBantuan KUR untuk bantuan kelompok tani yaitu ada dua dari Pinrang dan Enrekang, karena Pinrang penghasil kopi robusta pertama dan Enrekang sebagai penghasil Kopi Arabika terbesar,โ€ paparnya.

Sementara untuk Barista Team Challenge ini akan di adakan selama tiga hari, di mulai dari Jumat 10 Maret 2023 hingga 12 Maret.

Baca Juga : Menikam di Rumah Kos, Pemuda Pinrang Ini Kabur ke Desa Massewae Sebelum Ditangkap Polisi

Hingga saat ini, kuota pendaftaran sudah penuh dengan 16 tim yang akan mengikuti challange tersebut. Setiap tim terdiri dari 3 orang, sehingga total peserta mencapai 48 orang.

Barista ini akan berlomba dalam menyajikan pesanan secara berkelompok, menilai komunikasi dan kecepatan.

โ€œKompetisi barista tim to tim ini adalah yang pertama di Indonesia. Bahkan di Indonesia Timur. Pemenangnya akan mendapatkan sertifikat fasilitas untuk sertifikasi secara gratis. Dan, sertifikatnya berlaku pada 10 negara ASEAN,โ€ jelas Irsan.

Koordinator MBTC Yudhistira Negara menjelaskan, antusiasnya peserta sangat besar. Hingga saat ini pendaftarnya sudah 35 tim namun yang di terima hanya 16 tim. Mereka akan di tantang menyiapkan menu pesanan, yang di nilai adalah kecepatan dan kekompakan,โ€ ujar Yudhistira.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button