NewsParlemenSulteng

DPRD Sulteng Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2024

PALU, NEWSURBAN.ID – Ketua DPRD Provinsi Sulteng di wakili anggota DPRD Sulteng Ir. Elisa Bunga Allo.MM, hadiri pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala Tahun 2024. Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2024, di gelar Polda Sulteng, di Lapangan Apel Mako Polda Sulteng, Rabu (03/04/2024).

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala Tahun 2024 dilakukan dalam rangka kesiapan pengamanan hari raya idul fitri 1445 H/Tahun 2024, di wilayah provinsi sulteng, dan pelaksanaan apel gelar pasukan oprasi ketupat tahun 2024 dilaksanakan secara serentak diseluruh indonesia.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala Tahun 2024 oleh Polda Sulteng dipimpin Wakapolda Sulteng Brigjen Pol.Soeseno Noerhandoko.S.I.K, dan dihadiri oleh sejumlah instansi terkait yakni TNI/Polri, Unsur Forkopimda Sulteng, Perhubungan, Satpol-PP, Damkar, Basarnas, PMI, samsat Corner Pajak, serta beberapa Organisasi Mitra Kepolisian lainnya.

Baca Juga: DPRD Sulteng Rapat Paripurna Bahas LKPJ Gubernur Sulteng 2023

Pada kesempatan tersebut, Wakapolda Sulteng Brigjen Pol.Soeseno Noerhandoko.S.I.K, dalam sambutanya menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat tahun 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI/Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1445 H.

Karena berdasarkan survei indikator Kemenhub RI Tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023, berkaitan hal tersebut, Presiden Jokowi menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, karena kenaikannya mencapai 56% dibanding tahun lalu, oleh sebab itu dihimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik diharapkan agar mudik lebih dahulu.

Sehingga dalam hal tersebut, TNI/Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat denga sandi ‘Ketupat 2024’ yang telah melibatkan 155.165 personil dalam kurung waktu 13 hari dari tanggal 04 s/d 16 April 2024, dan operasi ini telah diawali KRYD pada tanggal 28 Maret s/d 03 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi pada tanggal 17 s/d 23 Apil 2024.

Baca Juga: DPRD Sulteng Hadiri Peresmian Dua Pelabuhan di Sulteng Oleh Presiden Jokowi

Dan dalam operasi tersebut, telah dipersiapkan 5.784 Pos yang terdiri dari 3.772 Pos Pengamanan, 1.532 Pos Pelayanan, dan 480 Pos Terpadu, pelayanan dan pengaman utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alama, serta dipusat-pusat keramaian, dengan harapan Pos-Pos yang digelar tersebut harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Senadah dengan hal tersebut, Ir.Elisa Bunga Allo.MM, Menyampaikan bahwa pelaksanaan gelar apel pasukan sungguh sangat baik yang dilakukan oleh pihak keamanan khususnya bagi TNI/Polri dan instansi lainnya serta stakeholder lainnya, sehingga cukup bagus dan kondusip serta terselenggara dengan baik.

Harapan kedepannya mengharapkan hasil daripada pelaksanaan oprasi ketupat ini dapat memberikan dampak yang lebih baik kedepan karena kita baru saja selesai melaksanakan pesta demokrasi semoga semuanya dapat berjalan dengan baik sesuia dengan harapan masyarakat dan tentunya pemerintah pusat, oleh karena itu harapan kami selaku wakil rakyat mengharapkan kepada seluruh masyarakat kiranya tetap tertib dalam melakukan mudik, tertib berlibur, dan tertib dalam berlalu lintas agar semuanya tetapa tertib baik itu pada transportasi darat, udara, dan laut sehigga semuanya dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada halangan atau rintangan. (hms/znl/ysw)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button