MetroNewsNusantara

Sekda Kota Makassar Bersama USAID IUWASH Tangguh Bahas Tindak Lanjut Pengelolaan IPAL

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Menindaklanjuti pertemuan bersama Wali Kota Makassar terkait pengelolaan IPAL (Instalasi pengolahan Air Limbah), USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Tangguh temui Sekda Kota Makassar, Muh Ansar, di Balai Kota, Jumat (13/01/2023). Sekda Kota Makassar, Muh Ansar, menyampaikan kesiapan untuk menindaklanjuti pengelolaan-IPAL di Kota Makassar.

Baca Juga: Terima Kunjungan KSAD, Danny Pomanto: Kolaborasi Pemkot-TNI AD Majukan Makassar

“Ada rencana pembagian tugas antara PDAM dengan BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar, yang nantinya akan di atur dalam Perwali yang merupakan turunan dari Perda No. 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik,” ujarnya.

Pengelolaan IPAL Losari rencananya akan di tangani PDAM Kota Makassar yang meliputi 4 Kecamatan. Yakni Kecamatan Mamajang; Ujung Pandang; Mariso; dan Tamalate, melalui pengelolaan air limbah secara advance.

Baca Juga:Diterima Sekda Ansar, Adrian Lochrin Akui Hubungan Makassar-Australia Sangat Istimewa

Sedangkan pengelolaan air limbah secara konvensional akan di tangani oleh BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar.

Muh Ansar melanjutkan, nantinya akan di pertemukan beberapa instansi lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Untuk membahas lebih lanjut teknis pelaksanaan, di antaranya PDAM; Dinas PU; Bappeda; Dinas Tata Ruang; serta camat dan beberapa SKPD lain yang memiliki keterkaitan dengan pengelolaan IPAL.

Baca Juga: Temui Danny Pomanto, USAID IUWASH Tangguh Paparkan Rencana Pengelolaan IPAL Losari

Selain itu, akan dibahas pula tentang kewajiban masyarakat untuk membayar retribusi. Dengan mempertimbangkan kemampuan masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah.

Sementara itu, Regional Manager South Sulawesi and East Indonesia, Rieneke Rolos, menyampaikan upaya yang di lakukan oleh IUWASH Tangguh. Sebagai pendampingan untuk Kota Makassar sebagai wujud dukungan atas upaya Pemkot Makassar. Dalam meningkatkan layanan sanitasi dan perbaikan perilaku higienis.

Baca Juga: Warga Protes, Danny Pomanto Minta Pelaksana Proyek IPAL Losari Pulihkan Jalan Rusak Bekas Penggalian Mulus Seperti Semula

“Program proyek lima tahun, IUWASH Tangguh berupa pencapaian tujuan pembangunan Indonesia. Dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi aman. Serta perilaku higienis di daerah perkotaan, dengan bermitra dengan Pemerintah Kota, berharap di Tahun 2027 dapat tercapai potensi sanitasi aman,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button