NewsSulsel

Tiga Nama Calon Sekprov Sulsel Dikirim ke Pusat

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pascadiumumkan, pantitia seleksi mengirim tiga nama calon Sekprov Sulsel (Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan) ke pusat. Selanjutnya, pemerintah pusat dalam hal ini Presiden akan memmilih satu dari tiga nama calon sekprov sulsel tersebut.

Panitia pelaksana mengumumkan tiga nama tersebut setelah melalui proses panjang. Pansel mengumumkan nama tiga besar di ruang Command Center Kantor Gubernur Sulsel, Senin (13/3/2023).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan Sekda Sulsel Prof. Murtir Jeddawi menyampaikan, tiga nama tersebut berhasil lolos pasca mengikuti serangkaian tes.

“Total ada 14 pendaftar calon Sekprov. Pansel menyeleksi menjadi 10 orang. Hingga akhirnya, kita umumkan 3 peserta yang lolos sebagai tiga besar,” tutur Murtir.

Baca Juga: Ini Yang Lolos Tiga Besar Seleksi Sekprov Sulsel

Mereka yang berhasil masuk dalam tiga besar tersebut, yakni Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapus Litbang) Makassar – LAN, Andi Taufik; Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Sulsel, Muh Iqbal S. Suhaeb; dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel, Sukarniaty Kondolele.

Murtir menjelaskan, sebelum pengumuman ada beberapa proses seleksi peserta lalui. Di mana dari 14 pendaftar, terseleksi 10 yang memenuhi syarat untuk menjadi peserta seleksi.

Ia menyebutkan, setelah Pansel mengumumkan pada 3 Februari 2023, peserta yang lolos ini melanjutkan beberapa tahapan. Termasuk penilaian kompetensi (assessment test) di Badan Kepegawaian Negara di Jakarta.

“Tesnya, selama empat hari. Dan reputasi dan kapasitas terjamin, BKN memiliki independensi untuk menilai,” kata Murtir.

Setelah assesment test, selanjutnya seleksi penulisan makalah pada 13 Februari di Kantor Gubernur Sulsel. Di depan laptop, peserta hanya mendapatkan waktu 120 menit untuk membuat makalah. Temanya, tidak keluar dari peran sekda dalam mencapai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sesuai visi misi Gubernur.

Baca Juga: Lelang Jabatan Sekprov Sulsel Berakhir Hari Ini

“Kami telah melakukan analisa untuk menilai tahapan tersebut. Kemudian tahapan wawancara dan pendalaman selama dua hari terhadap sepuluh calon,” tambah Mantan Rektor IPDN ini.

Tahapan selanjutnya adalah penilaian rekam jejak utamanya latar belakang calon itu.

“Rekam jejak ini makin tinggi derajat pendidikan, angkanya semakin bagus. Semakin bagus nilainya,” imbuhnya.

Dalam penilaian, Pansel menggunakan empat parameter. Yaitu, tes asesmen, penelusuran rekam jejak, penilaian terhadap makalah dan wawancara kompetensi. Kemudian, menggabungan hasil penilaian lima pansel, sehingga lahirlah satu kebulatan nilai. “Terangkumlah peringkat sepuluh calon untuk wawancara,” lanjutnya.

“Untuk memastikan kredibilitasnya, kami melakukan pleno pada tanggal 7 Maret 2023. Kami akhirnya menyepakati urutan dari empat komponen penilaian tadi. Hasil rapat pleno 7 Maret kemudian kita cek dengan tanda tangan basah,” jelas Murtir.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Lantik 6 Pejabat Pemprov Sulsel Hasil Lelang Jabatan

Plt Kepala BKD Sulsel, Taufik Akbar, menambahkan, tiga yang lolos tiga besar sesuai peringkat hasil Penilaian Seleksi Terbuka Pengisian JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (Gubernur).

“Selanjutnya Pejabat Pembina Kepegawaian (Gubernur) menyampaikan laporan pelaksanaan Seleksi Terbuka Pengisian JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” katanya.

“Setelah mendapatkan rekomendasi hasil pelaksanaan seleksi dari KASN, Pejabat Pembina Kepegawaian (Gubernur) menyampaikan usulan pengangkatan JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan kepada Presiden melalui Sekretaris Kabinet selaku Sekretaris Tim Penilai Akhir (TPA),” terangnya.

Berikut Nilai Akhir 10 Peserta Seleksi Terbuka Calon Sekprov Sulsel:

1. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel, Sukarniaty Kondolele (89,85)

2. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapus Litbang) Makassar – LAN, Andi Taufik (92,49)

3. Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad (87,90);

4. Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian PANRB Jufri Rahman (89,82)

5. Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Asriady Sulaiman (85,46)

6. Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Sulsel, Muh Iqbal S. Suhaeb (89,91)

7. Mantan Sekda Sidrap Sudirman Bungi (87,31)

8. Kepala Dinas Kehutanan Sulsel Andi Bakti Haruni (88,05)

9. Kepala Dinas Perindustrian Sulsel Ahmadi (85,27)

10. Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah (87,10)

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button