NewsSulsel

Pemkab Gowa Ambil Peran Besar Pengoperasian MAN IC di Parangloe

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

Kontribusi tersebut selain ambil bagian dalam pembangunan gedung sekolah, juga dalam menyiapkan sarana prasarana yang memadai. Salah satunya dengan menghibahkan tanah untuk pembangunan Masjid Nurul Ichsan MAN IC.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam setiap pembangunan MAN IC hingga bisa beroperasi sekarang ini, mulai dari tanah yang dihibahkan, penyediaan akses jalan yang saat ini sudah sangat bagus, hingga tersedianya air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada MAN IC Gowa.

Baca Juga: Pemkab Gowa Berikan Bantuan Rp50 Juta Kepada Setiap Masjid Pelaksanaan Tarawih Keliling

“Pemerintah Kabupaten Gowa sejak awal sudah turut andil dalam pembangunan MAN IC Gowa ini, tanah pembangunan sekolah merupakan waqaf dari almarhum Ayahanda Ichsan Yasin Limpo. Sementara tanah pembangunan masjid ini merupakan hibah dari pemerintah daerah,” kata Adnan di sela-sela peresmian masjid, Jum’at (7/4).

Adnan pun berharap keberadaan MAN IC di Kabupaten Gowa ini dapat menjadi wadah pendidikan yang akan melahirkan generasi-generasi cerdas dalam pendidikan hingga spritual. Apalagi dalam melihat kemajuan suatu daerah itu di lihat dari kemajuan sektor pendidikannya.

“Kalau kita mau lihat daerah di katakan maju atau belum maka lihatlah pendidikannya hari ini. Jika dalam proses pendidikan yang berjalan dengan baik dan sesuai koridor yang ada maka yakin dan percaya daerah itu pasti akan maju, dan jika telah maju maka terciptalah masyarakat yang makin sejahtera,” tutur Adnan.

Baca Juga: Kapolres Gowa Perintahkan Usut dan Tangkap Pelaku Penyerangan di Manggarupi Gowa

Di sela-sela kesempatan tersebut, Adnan juga menyapa langsung para siswa-siswi. Ia pun mengajak para siswa-siswi untuk terus mengasah kecerdasannya.

Menurut Adnan, guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, ada tiga kecerdasan yang harus di bangun guna melihat sumber daya itu bagus atau tidaknya. Pertama, membangun kecerdasan intelektualnya atau di sebut intelektual questions.

“Ananda-ananda sekolah di sini di tempa, di kasih ilmu, di berikan pengetahuan, di berikan pembelajaran. Semua itu tidak lain untuk membangun kecerdasan intelektual kalian,” ujarnya.

Selanjutnya, kedua adalah dengan membangun kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional itu bisa dikategorikan menjaga tali silaturahmi dan hubungan emosional. Ketiga, jika hendak membangun sumber daya manusia yang baik maka bangunlah kecerdasan spiritualnya. Dimana dengan meningkatkan ketakwaan dan keimanannya kepada Allah SWT.

Baca Juga: 18 Pelaku Tawuran di Jalan Manggarupi Di amankan, Ini Imbauan Kapolres Gowa

“Saya melihat MAN IC Gowa ini telah membangun tiga kecerdasan itu. Semoga bisa membangun sumber daya manusia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tutupnya.

Sementara, Kepala MAN IC Gowa, Burhanuddin menjelaskan, hingga saat ini sejumlah prestasi telah di raih MAN IC Gowa. Antara lain salah satu pelajar yang ada berhasil mengikuti program pertukaran pelajar ke USA.

Kemudian, MAN IC Gowa menjadi satuan pendidikan terbaik se-Sulawesi Selatan dalam dua tahun berturut-turut atau sejak 2019 hingga 2021. Serta, di nobatkan sebagai madrasah yang masuk dalam urutan 193 pada Top 1.000 Madrasah Terbaik.

“Tidak hanya itu, salah seorang guru kami juga lolos dalam pertukaran Guru di Australia,” katanya.

Dalam kegiatan ini Bupati Gowa di dampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina dan sejumlah pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa. (af/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button