NewsSulteng

Dipimpin Wali Kota Palu, Satgas Pancasila Gelar Apel Bersama

PALU, NEWSURBAN.ID — Satuan Tugas atau Satgas Pancasila gelar apel bersama di halaman kantor Wali Kota Palu, Selasa (18/4/2023). Apel bersama Satgas Pancasila se-Kota Palu ini, di pimpin Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid.

Dalam arahannya, Wali Kota Hadianto menyampaikan bahwa apel bersama ini merupakan apel perdana yang dilaksanakan bersama Satgas Pancasila.

Ia berharap apel bersama tersebut dapat terus berjalan, dalam setiap menjelang hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri.

“Bukan hanya hari besar agama Islam saja, tetapi hari-hari besar agama lain juga,” katanya.

Oleh karena itu, Ia menekankan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu untuk memperhatikan hari-hari guna pelaksanaan apel bersama Satgas Pancasila.

Baca Juga: Hadianto Rasyid Serahkan Satu Mobil Operasional Kepada Ketua MUI Kota Palu

Sehingga para Satgas Pancasila betul-betul siaga menghadapi hari-hari besar keagamaan di Kota Palu.

Wali Kota mengatakan, kemarin juga telah dilaksanakan apel siaga bersama personel Polresta Kota Palu dalam menghadapi mudik lebaran tahun 2023.

Menurutnya, ada beberapa pesan-pesan yang tersampaikan secara umum oleh Pemerintah Pusat melalui apel yang dilaksanakan secara serentak tersebut.

Ia mengatakan sesuai amanat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian terkait perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Pertama, menyangkut persoalan keamanan wilayah. Kedua, menyangkut masalah ketertiban. Dan ketiga, menyangkut masalah kebersihan.

Ketiga hal tersebut, kata Wali Kota menjadi fokus dari amanah Mendagri kepada seluruh pemerintah daerah, termasuk Kota Palu.

“Kita bersyukur kita di Kota Palu, Pemerintah Kota Palu memiliki beberapa Satgas. Kemarin kita sudah melaksanakan apel bersama Satgas kebersihan bersama Dinas Perhubungan dan Pol PP. Ini terkait masalah kebersihan, ketertiban lalu lintas, dan ketertiban umum,” ungkapnya.

Baca Juga: Wali Kota Hadi Terima Kunjungan Dandim 1306/Kota Palu

Sementara itu, hari ini dia mengundang apel bersama Satgas Pancasila yang juga termasuk Babinsa dan Babinkamtibmas di dalamnya, serta bersama seluruh Kapolsek, berkaitan dengan ketertiban kewilayahan.

Satgas Pancasila, katanya adalah Satgas yang di bentuk oleh Pemerintah Kota Palu yang awalnya adalah K5, yang tujuannya mendorong para Satgas menjaga wilayahnya dengan lima perspektif, salah satu di antaranya menyangkut kebersihan dan keamanan.

Sebelumnya, di tahun 2021 Pemerintah Kota Palu merubah Satgas K5 menjadi Satgas Anti Narkoba yang tujuannya konsen terhadap tingginya aktivitas Narkoba di Kota Palu, yang menempatkan pada posisi yang tidak baik.

Setelah itu, Pemerintah Kota Palu mengubah Satgas Anti Narkoba menjadi Satgas Pancasila yang juga memperhatikan masalah lain, seperti mengenai toleransi, kerukunan, ketertiban, keamanan, dan semua hal.

“Kita berusaha membangun rasa nasionalitas yang tinggi. Pesan-pesan ini harus tersampaikan, karena Palu adalah kota yang sangat majemuk, yang perlu di pahami dan di terima bahwa perbedaan itu adalah sesuatu yang tidak bisa lagi di hindari. Perbedaan itu adalah sesuatu yang harus di terima dalam semua perspektif apapun, baik itu etnik, agama, dan lainnya,” jelas Wali Kota.

Baca Juga: Kota Palu Raih Peringkat II PPD Tingkat Provinsi Sulteng

Ia juga mengatakan pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri untuk membangun kesepahaman terkait kemajemukan itu. Maka di butuhkanlah semua pihak yang di tempatkan di Satgas ini untuk membantu upaya-upaya pemerintah itu.

Oleh karena itu, katanya, dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H serta arahan Mendagri, Pemerintah Kota Palu melaksanakan apel bersama Satgas Pancasila.

Berkaitan dengan keamanan, Wali Kota mengungkapka dalam rentan waktu 10 hari terakhir, terjadi peningkatan jumlah kepadatan di ruang-ruang kota.

“Kita bisa lihat dari trafic kendaraan yang meningkat dan padatnya beberapa titik kawasan perbelanjaan di tengah kota,” katanya.

Menurutnya, kondisi tersebut sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana terpantau arus mudik keluar Kota Palu begitu besar.

Sehingga dalam pekan-pekan terakhir di Bulan Suci Ramadhan, jumlah aktivitas terpantau dalam situasi yang cukup normal pada saat menjelang hari raya.

Baca Juga: Wawali Palu Tutup Festival Sahur dan Burasa 2023

Hal ini dapat di artikan bahwa cukup banyak orang yang masuk ke Kota Palu. Oleh karena itu, semua unsur memiliki tugas membangun image yang baik terhadap Kota Palu.

Makanya, hal pertama yang harus di jaga adalah menjaga keamanan di masing-masing wilayah.

“Kita pastikan bahwa kelurahan-kelurahan kita aman. Jangan sampai terjadi sentimen-sentimen negatif, jangan sampai rumah-rumah di wilayah kita, tidak terawasi dengan baik. Jangan juga pendatang-pendatang tidak terawasi dengan baik. Semua harus terawasi dengan baik,” pesan Wali Kota.

Selanjutnya adalah berkaitan dengan ketertiban. Sehingga di harapkan Satgas Pancasila memastikan aktivitas yang berjalan di tengah masyarakat, semuanya berjalan dengan baik.

Kemudian yang terakhir menyangkut masalah kebersihan. Kebersihan, kata Wali Kota adalah tanggungjawab bersama.

Ia mengungkapkan dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini terjadi perubahan yang cukup baik terkait kebersihan di Kota Palu.

Hanya memang satu bulan terakhir, katanya agak terganggu, di karenakan adanya penutupan TPA Kawatuna.

“Alhamdulillah kemarin sore sudah di buka kembali. InsyaAllah TPA kita berjalan dengan normal kembali,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, agar Satgas Pancasila menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membakar sampahnya sembarangan.

Karena dalam waktu satu pekan terakhir, terjadi kebakaran di Kota Palu itu di sebabkan karena bakar sampah sembarangan.

Ia mengatakan ada tiga sampai empat rumah yang mengalami kebakaran, karena bakar sampah di belakang rumah.

Oleh karena itu, hal tersebut sangat menjadi perhatian bagi Pemerintah Kota Palu.

Wali Kota juga berharap komunikasi antara Satgas Pancasila dengan semua pihak, termasuk para lurah dan camat dapat berjalan dengan baik.

“Termasuk komunikasi dengan saya selaku Wali Kota bagi kita semua, juga dapat berjalan dengan baik,” pesannya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button