MetroNews

Distribusi STB Capai 82,5 Persen, Makassar Siap Implementasi ASO Wilayah Sulsel-1

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Rapat Kordinasi Teknis Persiapan Analog Switch Off atau ASO Wilayah Sulsel-1, di Hotel Claro Makassar, Kamis (11/05/2023).

Peralihan TV analog ke TV digital atau ASO Wilayah Sulsel-1 rencananya akan mulai tanggal 20 Mei 2023 mendatang. Wilayah Sulsel-1 ini, meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Staf Khusus Menkominfo RI Rosarita Niken Widiastuti, dalam rakor tersebut menuturkan, syarat implementasi ASO. Atau penghentian siaran TV analog di lakukan setelah distribusi Set Top Box (STB) mencapai minimal 90 persen.

“Penutupan siaran TV analog bisa di lakukan setelah distribusi STB capai minimal 90%,” ujar Niken.

Baca Juga: 45 Ribu KPM di Makassar Terima Bantuan Pangan Beras, Danny Pomanto: Percepat Masyarakat Capai Reseliensi

Mengutip data realisasi distribusi Kementerian Kominfo pada wilayah Sulsel-1 per tanggal 10 Mei 2023, Kota Makassar capai distiribusi STB tertinggi yakni 82,5%. Sementara STB Kabupaten Gowa telah terdistribusi 39,9%, Kabupaten 53,9%, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan 37,3% dan Kabupaten Takalar 20%.

Total presentase realisasi distiribusi STB pada wilayah Sulsel-1 di angka 54% atau total 27.995 rumah tangga miskin.

Niken berharap, jelang beberapa hari yang tersisa sebelum penghentian TV analog, pemerintah setempat wilayah Sulsel-1 dapat memaksimalkan distribusi STB.

“Masih ada waktu beberapa hari untuk setiap pemerintah setempat penyedia STB mengoptimalkan distribusi STB. Sehingga masyarakat tidak di rugikan saat peralihan 20 Mei nanti,” jelasnya.

Baca Juga: Danny Titip Pesan Jagai Anakta’  ke Panitia Haul Akbar X Pendiri Ponpes An Nahdlah

Rakor ini turut di rangkaikan dengan seremonial distribusi bantuan STB di wilayah Sulsel-1. Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismawaty Nur turut hadir membagikan STB kepada perwakilan rumah tanggal miskin.

Sebanyak 20 perwakilan masyarakat yang hadir dalam rakor itu di bagikan secara langsung STB satu per satu. Seremonial distribusi STB ini sekaligus sebagai sosialisasi persiapan peralihan TV Analog ke TV Digital.

Lanjut, Ismawaty Nur berharap peralihan TV analog ke TV digital ini dapat di terima masyarakat. Sebagai salah satu bentuk tranformasi digital kehidupan masyarakat pada aspek digitalisasi penyiaran.

Baca Juga: Warga Kota Makassar Dapat Bantuan RTLH Program KSAD, Danny Pomanto: Ringankan Beban Pemkot

Selain itu, dengan adanya bantuan STB dapat membantu masyarakat miskin agar tidak kesulitan saat TV analog di hentikan. Implementasi ASO dan TV digital di harapkan dapat memenuhi hak-hak masyarakat dalam hal kemudahan memperoleh informasi.

“Kita harap masyarakat dapat memahami implementasi ASO ini sebagai bentuk transformasi digital. Agar masyarakat dengan mudah dapat menangkap siaran dan informasi lewat TV digital dengan kualitas gambar yang lebih bersih. Suara yang lebih jernih, dengan jumlah siaran yang lebih banyak dan beragam,” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button