MetroNewsPemilu 2024Politik

KPU Temukan Wakil Ketua DPRD II Palopo Daftar Bacaleg di Dua Partai

PALOPO, NEWSURBAN.ID Wakil Ketua II DPRD Palopo, Irvan di ketahui mendaftar diri di dua partai sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) 2024 mendatang.

Hal ini terungkap setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, Sulawesi Selatan melakukan verifikasi berkas Bacaleg melalui aplikasi silon. Informasi itu beredar luas di media sosial.

Di dua partai terdaftar namanya sebagai Bacaleg yakni Partai Demokrat dan Hanura. Di partai Demokrat Irvan terdaftar di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Wara Barat, Sendana dan Mungkajang. Sedangkan di Partai Hanura dia terdaftar di Dapil I yakni Kecamatan Wara dan Wara Utara.

Ketua Komisioner KPU Kota Palopo, Abbas Johan, mengaku masih melakukan tahapan verifikasi berkas para bacaleg yang di usulkan oleh partai. Terkait dengan nama bacaleg yang ganda, katanya akan ada jalan keluarnya sesuai petunjuk teknis (Juknis) di KPU.

Baca Juga : Pemprov Lanjutkan Pengerjaan Ruas Salaonro – Ulugalung, Hubungkan Soppeng dan Wajo

“Di pastikan semuanya bakal muncul nama yang ganda. Bisa jadi nantinya di temukan satu nama, tetapi mendaftarkan diri dua sampai tiga partai. Itu bisa saja terjadi, setelah selesai masa waktu verifikasi berkas bacaleg. Tapi Semua itu ada solusinya sesuai juknis di KPU,” ujar Abbas Johan di konfirmasi, Senin 29 Mei 2023.

Setelah betul di temukan hal tersebut, lanjut Abbas, akan melakukan pemanggilan untuk mengklarifikasi pilihan partai yang di inginkan maju sebagai Bacaleg. Soal nama ganda belum di nyatakan sebagai belum memenuhi syarat (BMS), karena tetap di adakan vermin atas perbaikan.

“Setelah itu, KPU baru akan memberikan waktu kepada orang tersebut untuk melengkapi berkas sesuai partai yang di inginkannya,” tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua DPC Demokrat Palopo, Islamuddin merasa heran atas kejadian itu. Dai baru mengetahui setelah viralnya media sosial.

Islamuddin mengaku akan melakukan pemanggilan oleh kader partai demokrat itu dan akan menerapkan aturan internal partai.

Baca Juga : Ketua TP PKK Pantau Maccini Sombala Jelang Lomba Kelurahan

“Ini menjadi diskusi kami di internal partai demokrat. Upaya kami sudah memanggil Saudara Irvan untuk mengklarifikasi tentang informasi yang beredar saat ini. Tapi sampai saat ini belum memenuhi panggil partai,” tegasnya.

Islamuddin mengatakan jika nantinya saudara Irvan memilih partai baru untuk bergabung, semua pasti ada resiko tersendiri yang akan dikeluarkan oleh partai.

“Kalau dia memilih di partai Baru (Hanura), kami di demokrat sudah menyiapkan orang untuk menggantikannya,” katanya.

Sebelumnya, Irvan maju Pileg 2019 di dapil 1 dengan mengendarai partai Demokrat dengan perolehan suara 831. Dari hasil akumulasi jumlah perolehan suara partai demokrat di tiga Dapil kota Palopo mendapatkan suara terbanyak 9.983 hingga Irvan menduduki kursi pimpinan Wakil Ketua II DPRD Kota Palopo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button