NewsSulsel

Bupati Maros Launching 1 Desa/Kelurahan 1 Bank Sampah

MAROS, NEWSURBAN.ID — Bertepatan hari Lingkungan Hidup Se Dunia 5 Juni 2023 hari ini, pemerintah Kabupaten Maros mencanangkan program 1 Desa/kelurahan 1 Bank Sampah se kabupaten Maros.

Bupati Maros Chaidir Syam menyampaikan hal itu, di hadapan ratusan pegawai lingkup pemerintah Kabupaten Maros. Ia menyampaikan peluncuran program itu, pada upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di halaman parkir kantor bupati.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara Bupati Maros Chaidir Syam dan PT. Milion Limbah Makassar, Devision Reiiwpasa selaku General Manager. Dan perjanjian kerja sama antara Unhas dan Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Maros.

Baca Juga: Buruan Daftar! Hanya Rp 30 Anda Bisa Nikmati Wisata Kemping Seru dan Trip ke Leang Panning Park Maros

Kerjasama dengan PT. MLM dalam hal pembelian sampah plastik serta pembinaan bank sampah. Sementara kerjasama dengan Unhas dalam hal program KKN Tematik pengelolaan sampah.

Dalam arahannya Chaidir meminta SKPD terkait merealisasikan kerja sama ini dalam bentuk program. Menurut pengendalian sampah khususnya plastik menjadi tema khusus dalam peringatan hari lingkungan hidup se dunia.

“Kita berharap program ini bisa menekan pembuangan sampah di TPA dan lebih fokus melakukan pengelolaan sampah dari sumbernya,” ujar Chaidir yang juga Ketua IKA Unhas Maros.

Baca Juga: Indah Menakjubkan, Taman Nasional Bantimurung Surga Tersembunyi di Sulawesi Selatan

Sementara itu, Laode Muh. Asfan Mujahid, mewakili P2 KKN Unhas mengatakan segera akan menindaklanjuti hasil perjanjian ini di lingkup P2 KKN.

Ketua Pokja Bank Sampah Unhas Irwan Ridwan Rahim menyampaikan hal yang sama. Ia berharap agar Pemkab Maros, Unhas, dan PT MLM segera membuat timeline kegiatan.

Inisiator kegiatan, Saharuddin Ridwan selaku anggota tim percepatan kabupaten Maros berharap dalam waktu dekat kerjasama KKN tematik teralisasi dalam bentuk program dan kegiatan. Begitpula dengan pihak PT MLM agar berkoordinasi intens dengan bank sampah induk Maros.

Masih dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup se dunia, hari ini juga akan dilaksanakanGerakan bersama bersih lingkungan kawasan Geopark Maros. Hari ini, pihaknya juga secara simbolis menyerahkan surat edaran Pemkab Maros kepada Dinas Koperindag. Untuk melakukan sosialisasi penggunaan kresek non plastik di pasar retail modern. (rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button