MetroNews

Panglima TNI Terkesima dengan Program Pembangunan Kapal Pinisi Danny Pomanto di Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengunjungi lokasi pembuatan Kapal Pinisi di CPI (Center Point of Indonesia) di Makassar, Senin (5/6/2023). Ia terkesima dengan program pembangunan kapal pinisi tersebut. Panglima bercana bercanda dengan mengatakan ingin memesan satu unit lagi.

Laksamana Yudo dan Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto meninjau beberapa sisi kapal. Mereka bercengkrama. Yudo juga bertanya beberapa pertanyaan kepada para pembuat Pinisi.

Sementara, di lokasi, Danny menjelaskan bagaimana proses pembuatan kapal Pinisi Bugis Makassar yang mendapat pengakuan Unesco sebagai warisan budaya dunia itu. Sekira beberapa menit di lokasi, Yudo pun bergeser ke agenda selanjutnya.

Baca Juga: Danny Pomanto Bersama Panglima TNI Ikuti International Fleet Review

Danny Pomanto mengatakan program pembangunan kapal Pinisi merupakan media pendidikan khususnya bagi generasi muda.

Sampai saat ini, kata dia, progres pengerjaannya bagus. “Progresnya kencang sekali. Selain itu, juga bisa menyaksikan banyak hal,” kata Danny.

Ia katakan, para jenderal dari 36 negara peserta MNEK juga akan meninjau langsung proses pembuatan Pinisi ini. Apalagi yang memimpin pembangunannya adalah Kepala Desa Ara Bulukumba.

Pembuatan Kapal Pinisi di CPI sebagai upaya turut meramaikan event MNEK. Di samping, pihaknya juga membuat pajangan yang berisi penjelasan tentang asal-usul, jenis, hingga desain pembuatan Kapal Pinisi.

Baca Juga: Panglima TNI Apresiasi KSAL dan Danny Pomanto Atas Penyelenggaraan MNEK 2023

Hal ini dilakukan agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara, terkhusus para peserta MNEK 2023 mendapat informasi tentang Kapal Pinisi yang merupakan warisan budaya dunia.

“Display-nya ini kan pakai bahasa Indonesia, makanya nanti kita siapkan translator untuk mendampingi yang membuat Kapal Pinisi untuk menjelaskan,” ucapnya.

Sebagaimana janjinya kepada seluruh masyarakat bahwa dengan komitmen menjaga nilai-nilai kebudayaan maka ikon-ikon Sulsel yang berkelas dunia menjadi bagian dari pendidikan generasi hari ini, termasuk Pinisi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button