NewsSulsel

Tito Karnavian Kunjungi Pusat Pembuatan Kapal Bontobahari: Bulukumba Istimewa Karena Ada Pinisi

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Salah satu agenda Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian selama berada di Kabupaten Bulukumba adalah kunjungi pusat pembuatan kapal di Tanah Lemo Kecamatan Bontobahari.

Mendagri Tito Karnavian bersama istrinya Tri Suswati menuju bantilan kapal yang ada di Tanah Lemo setelah mengunjungi kawasan Adat Ammatoa Kajang, Jumat 11 Agustus 2023.

Tiba di lokasi, Tito Karnavian di dampingi Bupati dan Wakil Bupati menaiki salah satu kapal Pinisi besar yang saat ini masih dalam proses pekerjaan. Untuk menaiki kapal tersebut, mantan Kapolri ini melewati titian papan kayu yang dipasang di samping geladak kapal.

Baca Juga: Tito Ungkap Alasan Pilih Bulukumba Jadi Lokasi Puncak Pembagian 10 Juta Bendera

Saat berada di atas kapal, tampak beberapa kali Tito Karnavian mengabadikan momentum tersebut bersama istrinya. Ia pun memuji keahlian masyarakat Bulukumba dalam membuat kapal Pinisi.

Saat menyampaikan sambutan pada acara Puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera di lapangan Hitam sore harinya. Tito menyebut Bulukumba menjadi salah satu daerah yang istimewa karena keberadaan pembuatan kapal Pinisi yang oleh UNESCO telah menetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda.

“Bulukumba istimewa karena ada Pinisi. Pinisi yang saya temui di Raja Ampat, Labuan Bajo dan Bali. Semua dari Bulukumba,” ujar Tito saat kunjungi pusat pembuatan kapal di Bontobahari.

Baca Juga: Kunjungi Kajang Bulukumba, Mendagri Diberi Gelar Puto Tito Daeng Manai

Nilai luhur dari Pinisi, kata Tito,  adalah kita harus meniru orang Bulukumba.
“Mereka petarung sejati, karena dengan Pinisi-nya berani berlayar menjelajahi dunia. Kita harus menirunya menjadi bangsa petarung,” ungkapnya di hadapan ribuan orang yang memadati lapangan Hitam Tanjung Bira.

Di ketahui Kabupaten Bulukumba di tunjuk Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Yang di hadiri oleh pemerintah daerah dari seluruh Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button