MetroNewsPendidikan

Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID โ€” Puluhan siswa SD di Kota Makassar mendapat edukasi langsung terhadap literasi keuangan sejak dini, di Zona 1, Panggung F8 Makassar, Sabtu (26/8/2023).

Edukasi tersebut dibawakan langsung oleh tim Bank Indonesia yakni Fadly, Indah dan Marlin.

Fadly menyebutkan, edukasi literasi keuangan sejak dini perlu agar anak-anak dapat memiliki kemampuan untuk memahami dan menerapkan manajemen keuangan.

โ€œKita beri tips bagaimana mengatur keuangan. Misal uang jajannya berapa belanja. Berapa sisanya di tabung untuk keperluan kedepan,โ€ ucapnya.

Baca Juga:ย Film Mochi Jadi Magnet Pengunjung Zona 1, Konsuler Jepang: Terima Kasih F8 Makassar

Tak hanya itu, puluhan siswa SD itu juga di ajarkan pemahaman konsep Cinta, Bangga dan Paham Rupiah.

Ada tiga aspek yang di tekankan Pertama, aspek cinta yang menekankan pentingnya mengenali keaslian uang rupiah. Termasuk bagaimana merawat dan menjaga uang rupiah.

Kedua, aspek bangga yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap uang rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran sah. Simbol kedaulatan NKRI serta alat pemersatu bangsa.

Ketiga, aspek paham yang mengakselerasi pemahaman masyarakat tentang posisi rupiah dalam peredaran uang dan alat penyimpan nilai kekayaan.

โ€œKita menunjukkan langsung juga bagaimana ciri-ciri uang sebagai alat pembayaran yang sah. Seperti tidak sobek dan lusuh,โ€ tambah Indah.

Baca Juga:ย Dekranasda Makassar Pamerkan Produk Unggul di F8 Makassar

Ia berharap edukasi ini mampu menyadarkan masyarakat luas untuk dan ajakan untuk bijak menggunakan uang. Dan menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, Siswa SD Inpres Tamalanrea, Imran mengaku senang mendapatkan edukasi terkait uang rupiah.

โ€œSenang, dapat ilmu baru dan mulai saat ini saya akan gunakan uangku sebaik-baik mungkin dan sudah tahu ciri-ciri uang palsu,โ€ tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button