NewsSulsel

Jelang Penilaian SAKIP, Pemkab Gowa Dorong SKPD Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja

# Diimplementasikan Melalui Rakor Penguatan Kelembagaan Perangkat Daerah

GOWA, NEWSURBAN.ID – Jelang penilaian SAKIP, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendorong setiap SKPD untuk meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kabupaten Gowa tahun 2023.

Hal itu,didukung dengan Rapat Koordinasi Teknis Penguatan Kelembagaan Perangkat Daerah dalam Mendukung Implementasi SAKIP di Hotel Jolin Makassar, Jum’at (15/9).

Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Andy Aziz Peter mengatakan, kegiatan ini terlaksana sebagai upaya Pemkab Gowa. Dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi SKPD Kabupaten Gowa. Terkait dengan pengetahuan bagi SKPD Kabupaten Gowa atas penilaian evaluasi SAKIP dari Kemenpan RB.

Baca Juga: PKK Gowa Studi Tiru Ke Kota Bekasi, Perluas Wawasan 10 Program Pokok PKK

“Selain itu, kegiatan ini memberikan pemahaman bagi unit penyelenggara terkait penyusunan dokumen untuk SAKIP,” kata Aziz Peter.

Dengan komitmen tersebut, diharapkan mendapatkan dukungan dari seluruh pimpinan SKPD yang harus menyiapkan dokumen dan data dukung penilaian SAKIP tahun 2023.

Sementara itu Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni yang membuka langsung kegiatan Rakor ini mengatakan, penerapan implementasi SAKIP yang melibatkan Tim Ahli Prof. Mudrajat beserta tim dalam pendampingan penilaian SAKIP Kabupaten Gowa bisa membimbing terkait teknis pemenuhan data dan dokumen setiap SKPD.

Baca Juga: Adnan Dorong Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah di Gowa 

“Dengan kerjasama yang di lakukan tentu saja saya sangat mengharapkan nantinya Tim Ahli memberikan arahan dan bimbingan teknis. Terkait langkah-langkah nyata, sistematis, terukur, bisa di terapkan dan jelas siapa yang berwenang melakukan.  Terkait pemenuhan data dan dokumen yang harus di penuhi sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Wabup Gowa ini.

Selanjutnya, untuk mewujudkan implementasi SAKIP yang berkualitas juga sangat mengharapkan bimbingan Tim Ahli. Untuk mengarahkan dokumen-dokumen yang sudah di sampaikan ke semua perangkat daerah menjadi berkualitas dan dapat di terapkan.

“Saya yakin dengan pengalaman membawa Provinsi Yogyakarta meraih peringkat SAKIP tertinggi di Indonesia, Prof. Mudrajat bersama dengan tim juga bisa mengarahkan dan menerapkan praktek baik yang telah di lakukan di Yogyakarta. Untuk bisa di terapkan di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Kegiatan ini di ikuti langsung seluruh pimpinan SKPD, Camat. Dan Kasubag Perencanaan SKPD, serta Kecamatan Lingkup Pemkab Gowa. (AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button