MetroNewsParlemenPolitik

Fatmawati Sampaikan Jawaban Wali Kota Makassar Tentang Ranperda Pajak, Retribusi Daerah di DPRD

# Termasuk Tanggapan Atas Perubahan APBD Kota Makassar TA 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi sampaikan jawaban Wali Kota Makassar tentang pajak, retribusi dan Perubahan APBD di DPRD Kota Makassar tahun anggaran 2023, Selasa (26/09/2023).

Jawaban wali kota Makassar tersebut ia sampaikan menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Makassar terhadap ranperda Pajak dan Retribusi Daerah. Ia juga menyampaikan jawaban atas Ranperda perubahan anggaran dan pendapatan dan belanja daerah.

Beberapa hal yang dipaparkan terkait pajak dan retribusi diantaranya menjawab pertanyaan dari Rahmat Taqwa Quraiys,SH dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan terkait upaya Pemkot Makassar dalam optimalisasi pajak daerah dan retribusi daerah, dengan meningkatkan kualitas SDM. Di antaranya melalui pendidikan pelatihan pemeriksaan pajak daerah.

“Upaya optimalisasi pajak daerah dan retribusi daerah di wujudkan dengan pemanfaatan teknologi infomrasi. Melalui pengembangan aplikasi pajak terintegrasi dan terdigitalisasi (PAKINTA) yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui, melaporkan dan membayarkan kewajiban pajaknya,” tutur Fatmawati.

Baca Juga: Setwan DPRD Makassar Ikuti Pelatihan Pertanggungjawaban Keuangan Bendahara

Selain itu, Wakil Wali Kota Makassar juga menjelaskana tentang langkah rasional dalam penyusunan Ranperda tentang pajak daerah dan retribusi menjawab pertanyaan dari Muchlis A Misbah, dari Fraksi Nurani Indonesia Bangkit. Langkah rasional yang di tempuh melalui dua jenis pajak baru. Yakni Opsen PKB dan BBNKB yang di harapkan mampu meningkatkan pendapatan PAD.

“Hal yang menjadi perhatian pemerintah, tentunya dengan tetap mempertimbangkan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Kota Makassar,” tuturnya.

Dengan adanya jawaban Wali Kota Makassar, di harapkan adanya Ranperda menjadi Perda akan bermuara kepada pengalokasian anggaran. Yang lebih besar kepada masyarakat Kota Makassar.

Baca Juga: Hadiri Rapat Paripurna DPRD Makassar, Fatmawati Rusdi Sampaikan Pendapat Terkait Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Selepas memaparkan terkait pajak dan rertribusi, Wakil Wali Kota Makassar melanjutkan. Dengan Jawaban Wali Kota terkait perubahan anggaran dan pendapatan dan belanja daerah.

Salah satu hal yang di bahas yakni menjawab pertanyaan Kasrudi,SH dari Fraksi Partai Gerindra terkait upaya pemkot Makassar. Dalam hal pemulihan ekonomi.

“Pemkot terus berupaya untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi Makassar di atas 8% seperti sebelum pandemi Covid19. Untuk itu berbagai upaya di galakkan dengan pelibatan sektor swasta, masyarakat. Dan kerjasama multi sektor baik itu antar daerah maupun internasional,” tuturnya.

Berbagai program strategis Pemkot Makassar di antaranya Lorong Wisata, Program 10.000 skill training gratis. Dan 100.000 peluang kerja dan bisnis baru, inkubator centre. Serta program Halo Makassar dan Parekma yang baru saja di launching guna menarik minat investor. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button