MetroNews

Rakorsus 2024, Dinas Kominfo Makassar Siapkan Inovasi Support OPD Lainnya

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinas Kominfo) Kota Makassar siapkan inovasi, sebagai support OPD yang ada di lingkup Pemkot Makassar, khususnya di bidang IT.

Plt. Kadis Kominfo Makassar, Ismawaty Nur menyampaikan hal itu, saat memaparkan evaluasi dan inovasi di 2023, dan rencana 2024. Pada Rakorsus 2024 Pemkot Makassar, di Four Point by Sheraton Hotel, Senin (26/02/2024).

“Untuk saat ini, Dinas Kominfo Makassar telah memiliki beberapa inovasi, seperti city surveillance. Ini, dapat membantu dalam mengoptimalkan jalur lalu lintas. Mendukung sistem pengamanan kota, dan peningkatan efisiensi pengelolaan kota,” ujarnya. Ia mengatakan Dinas Kominfo Makassar siapkan inovasi support bagi OPD di lingkup Pemkot Makassar.

Baca Juga: Ketua DWP Makassar Siap Sukseskan Makassar Low Carbon dengan Metaverse

Inovasi lainnya yakni adanya aplikasi call center 112. Aplikasi ini, sebagai layanan bagi masyarakat untuk memudahkan menyampaikan saran, aduan, ataupun keluhan-keluhan.

Ismawaty Nur, melanjutkan masih terdapat inovasi lainnya. Seperti publik wifi on publik spacel, super aplikasi anrong, makaverse news, virtual reality (VR) meeting. Juga, tourism alley surveillance, dan data center.

Baca Juga: Penggiat Smart Cities Amerika Helen Santiago Paparkan Dekarbonisasi Perkotaan di Rakorsus Pemkot Makassar

Untuk ke depannya, Dinas Kominfo telah menyiapkan beberapa inovasi yang tidak kalah pentingnya. Seperti Makassar Virtual Economic Center (MARVEC), Intergrated public wifi witg EWS, AQI, and Surveillance. Lalu ada, Makassar Super Apps Metaverse Learnibg Platform, Makaverse Phase 2, Public Services. Dan, Al Analytics City Surveillance.

Hampir dia pastikan berbagai program inovasi dari Dinas Kominfo Makassar hadir untuk mendukung bidang lainnya. Seperti halnya dengan kehadiran MARVEC-diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan membuka ruang bagi pelaku UMKM, masuk ke dunia digital. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button