NewsSulsel

Selain Ikan Bandeng, Pangkep Diharapkan Jadi Penghasil Nangka Madu

PANGKEP, NEWSURBAN.ID – Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) memiliki potensi besar sebagai sumber pangan dari sektor pertanian dan perkebunan, selain sebagai penghasil ikan bandeng. Kabupaten ini juga dipersiapkan sebagai daerah penyangga untuk Ibu Kota Negara (IKN).

Dengan potensi yang di miliki, Pangkep dapat menjadi pusat produksi pangan yang beragam dan berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Rabu, 28 Februari 2024, usai pelaksanaan puncak HUT Ke-64 Kabupaten Pangkep, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lologau mendampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin melakukan penanaman nangka madu di lahan warga, di Kelurahan Balleang, Kecamatan Balloci.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lologau, mengatakan, program penanaman nangka bisa menjadi komoditas yang bagus di Kecamatan Balocci, yang merupakan pegunungan.

Baca Juga: Kembali Berpartisipasi di Inacraft, Dekranasda Sulsel Pamerkan Kerajinan Karya Penyandang Disabilitas

“Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan tidurnya agar produktif. Alhamdulillah melalui program dari Bapak Pj. Gubernur, di harapkan semua lahan tidur ini bisa menghasilkan dan dampak ekonominya kembali ke masyarakat,” kata Yusran.

Sementara, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Balai Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BSMBTPH) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel, Uvan Nurwahidah Shagir, menyampaikan, selain nangka madu, masyarakat di Pangkep juga meminta bibit sukun.

Baca Juga: HUT Ke-64 Kabupaten Pangkep, Pj Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan dan Resmikan Proyek Pembangunan

Masyarakat di sana pun menyambut gembira hal tersebut. “Di sini nangka dan pisang bisa, memang cocok, kita dukung. Memang juga ada di sini, ini juga program baru ada nangka madu,” kata Sangkala Syam, salah seorang warga.

Pemilik lahan, Wayatang Kadir menambahkan, sebagai warga yang lahannya di berikan bantuan bibit nangka. Ia sangat berterima kasih. “Kami dukung ini 100 persen, terima kasih Pak Gubernur dan Pak Bupati,” ucapnya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button