NewsSulteng

Capaian MCP Kota Palu Tahun 2023 Tertinggi di Sulteng

PALU, NEWSURBAN.ID — Capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2023 Kota Palu menduduki urutan pertama (tertinggi) di seluruh daerah se Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dalam hal ini, Kota Palu meraih skor tertinggi sebesar 83 di bandingkan seluruh daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Wali Kota Palu Terima Langsung Tropi Penghargaan Adipura 2023/2024

Sebagaimana di ketahui, MCP merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh KPK. Untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan.

MCP menjadi bagian dari strategi pemberantasan korupsi yang di gawangi KPK. Sebagai wujud pencegahan korupsi melalui fungsi supervisi dan monitoring.

Baca Juga: Kota Palu Akhirnya Berhasil Meraih Penghargaan Adipura Tahun 2023/2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Secara umum, MCP memiliki delapan cakupan intervensi. Delapan poin itu terdiri atas perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa. Termasuk, perizinan, kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah, manajemen ASN. Dan, optimalisasi pajak daerah, serta manajemen aset daerah dan tata kelola dana desa/kelurahan.

Baca Juga: Wali Kota Palu Hadianto Rasyid Raih Penghargaan Baznas Award 2024

Dalam capaian MCP Pemerintah Daerah setelah Kota Palu (tertinggi), di Sulteng tahun 2023 urutan kedua adalah Kab. Buol dengan skor 73. Dan urutan terakhir atau 14 yakni Kabupaten Morowali Utara dengan skor 36. (ysw/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button