Bencana AlamMetroNews

Wali Kota Danny Pomanto Imbau Warga Siaga Banjir pada Puncak Pasang Sore hingga Malam Nanti

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau kepada masyarakat Kota Makassar agar siaga dan mewaspadai adanya banjir.

Hal itu di picu oleh curah hujan tinggi dan adanya puncak pasang yang akan dimulai pada pukul 17.00 – 21.00 WITA, Sabtu, 9 Maret 2023. Karena itu, Danny Pomanto imbau kepada seluruh warga Makassar siaga untuk mengurangi risiko banjir.

“Semua siaga banjir hari ini 9/03/2024, terutama pada saat puncak pasang yang mulai jam 17.00 – 21.00 WITA,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya, pagi tadi.

Baca Juga: Pemkot Makassar dan Perum Peruri Teken MoU untuk Digitalisasi Layanan Pemerintahan

“Kepada seluruh OPD Camat, Lurah dan warga masyarakat agar tidak panik dan perlu mewaspadai banjir pasang naiknya air laut yang di picu curah hujan yang tinggi,” sambungnya.

Dalam arahannya, ia menuturkan, perubahan iklim memberikan dampak yang begitu luas, termasuk bencana banjir yang terjadi di banyak daerah.

Olehnya, ia menekankan pada bagaimana kesiapan mitigasi bencananya.

Baca Juga: Perkuatan Keimanan Umat Jelang Ramadan, TP PKK Kota Makassar Gelar Pengajian dan Ceramah Agama

“Koordinasi, komunikasi dan akumulasi semua kekuatan kita dan mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana itulah kuncinya,” kata Danny.

Ia menjelaskan, rumus terjadinya banjir ialah curah hujan tinggi, dan pasangnya air laut. Kedua indikator dapat di lihat di aplikasi.

Tetapi yang ia garisbawahi ialah soal drainase yang tersumbat tidak dapat di lihat di aplikasi. Makanya dia menginstruksikan agar saluran drainase terus di maintenance.

Baca Juga: Inovasi Hijau Kolam Regulasi Nipa-Nipa, Solusi Makassar Hadapi Banjir

Dari situ, upaya mitigasi inilah yang di pertebal dan di sempurnakan.

Termasuk, ia tekankan perihal kelistrikan saat bencana terutama banjir agar mampu di antisipasi saat air meninggi. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button