NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Usman Sadik Berpotensi Jadi ‘Kuda Hitam’ di Pilkada Luwu Timur

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

Sejumlah nama bakal calon bupati sudah mulai bermunculan di tengah masyarakat. Salah satunya, Usman Sadik. Majunya dalam bursa di Pilkada Luwu Timur berpotensi menjadi ‘kuda hitam’ dari beberapa pesaingnya seperti, Budiman, Moh. Akbar Andi Leluasa, dan Irwan Bachry Syam.

Soal politik, Usman Sadik di kenal sebagai pejuang politik yang ulet, tangguh dan berkomitmen. Sudah menjadi rahasia umum, merupakan salah satu tokoh kunci di belakang kemenangan setiap bakal calon dia dampingi setiap perhelatan Pilkada Luwu Timur.

Usman Sadik berkelahiran Desa Timampu, Kecamatan Towuti, Luwu Timur ini. Awal menitik karier dałam dunia politik di partai Golkar sebagai wakil Bendahara DPD II Partai Golkar Luwu Timur. Hingga memberanikan diri maju calon legislatif dan terpilih Anggota DPRD Luwu Timur periode tahun 2009 – 2014.

Baca Juga: Budiman dan Akbar, Duel atau Duet di Pilkada Luwu Timur 2024?

Pada 2014 – 2019, Usman Sadik hijrah ke Partai Nasional (PAN) dan menduduki sebagai Ketua partai. Maju sebagai calon legislatif kembali terpilih sebagai anggota DPRD Luwu Timur.

Seperti lambang partainya matahari bersinar, karier Usman Sadik makin cerah hingga memperoleh suara peringkat ke-3 hingga mengantarkannya menduduki kursi wakil Ketua II DPRD Luwu Timur pada periode 2019-2024.

Usman Sadik selama menjabat Ketua parti PAN di Luwu Timur, citra partai besutan Zulkifli Hazan makin cerah daerah yang-dijuluki “Batara Guru” ini. Hal ini-dibuktikan setiap perhelatan pileg mulai tahun 2014 hingga sekarang ini kursi partai PAN makin bertambah. Pileg 2024, kursi partai PAN terhitung 5 kursi di DPRD Luwu Timur.

Baca Juga: Partai Beringin “Lemah Syhawat” Moncong Putih Unjuk Gigi di Luwu Timur

Pemimpin yang bertanggungjawab sudah tidak diragukan lagi. Usman Sadik membuktinya sebagai Ketua Tim Pemenangan pada pasangan calon presiden Prabowo-Gibran hingga menjadi kemenangan mutlak dengan perolehan suara 108.076 di Luwu Timur.

Padahal, Luwu Timur-dikenal sebagai daerah-dikuasi oleh partai berlambang Banteng Moncong Putih (PDIP) yang mengusung calon Ganjar – Mahfud hanya mendapatkan 17.477 suara atau 12 persen suara di Luwu Timur. Boleh di kata, kalah di kandang sendiri.

Usman Sadik, menegaskan dia telah menyiapkan diri untuk bertarung di Pilkada Luwu Timur. Orentasi majunya sebagai calon bupati, tidak lain dan tidak bukan untuk menjadi kosong satu di Luwu Timur.

“Majunya saya (Usman Sadik) sebagai calon bupati (Luwu Timur) sudah perintah oleh Ketua partai Zulkifli Hasan,” katanya Sabtu 13 April 2024.

Baca Juga: KPU Luwu Timur Temukan 9 Nama Bacaleg Ganda

Kontestan kali ini, Usman merasa sebagai momentunya. Menurutnya, dorong langsung Zulkifli Hasan melihat dari kinerjanya selama menjadi Ketua PAN di luwu Timur.

“Pertimbangan beliau (Zulkifli Hasan) setiap periode dalam kontestasi pemilu PAN selalu meraup suara cukup bagus di Luwu Timur. Di tambah dalam Pilres kemarin sukses memenangkan pasangan Prabowo-Gibran yang hasilnya pantastik,” ungkap Ketua PAN Luwu Timur ini.

Terlebih lagi, kata Usman antuasias masyarakat dan dorong keluarga hingga membulatkan tekad untuk bertarung di Pilkada nantinya.

“Niat untuk maju, bukan hanya ego semata atau karena haus dengan jabatan. Maju di Pilkada Luwu Timur, sebagai besar dorongan masyarakat dan keinginan masyarakat Luwu Timur,” terangnya. (Ded/*)

Lantas siapa Usman Sadik dan Seperti apa profilnya ?

Nama : H Usman Sadik S.Sos
Tempat tanggal lahir : Timampu, 12 Agustus 1973
Alamat : Jl Cendana no 03 Desa Pekaloa, Kecamatan Towuti, Luwu Timur
Nama istri : Hj Nadya
Nama anak :
– Wahyuni Usman
– Utari Usman
– M Aril Rangga Saputra
Orang Tua
Nama ayah : H Sadike To Saleng
Nama ibu : Hj Zamzam

Riwayat pendidikan :
– SD 268 Towuti Desa Timampu
– SMP Negeri Wawondula
– SMA Negeri Wawondula
– UVRI Makassar

Riwayat Organisasi :
– Pimpinan Kecamatan Partai Golkar
– Wakil Bendahara DPD II Partai Golkar Luwu Timur
– Anggota DPRD Luwu Timur (2019- 2014) Fraksi Golkar
– Anggota DPRD Luwu Timur Fraksi PAN (2014-2019)
– Ketua DPD PAN Luwu Timur
– Anggota DPRD Luwu Timur Fraksi PAN 2019-sekarang

Suara Pribadi Pileg :
– 2009-2014: 2.183 suara (Golkar)
– 2014-2019: 2. 202 suara (PAN)
– 2019-2024: 2. 464 suara (PAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button